Ada yang Penasaran dengan Materi Latihan Excel untuk PBA? Cek di sini!

Ada yang Penasaran dengan Materi Latihan Excel untuk PBA? Cek di sini!

Oleh: Muhammad Taqiyuddin, M.Ag (Dosen PBA UNIDA Gontor)

Untuk apa diadakan Workshop Ms.Excel?

UNIDA Gontor – Sudah beberapa waktu yang lalu PBA mengadakan semacam rentetan kegiatan model upgrading skill, khususnya bagi mahasiswa baru. Kali ini, diadakan pelatihan untuk Microsoft Excel. Suatu program yang jamak digunakan untuk entry data dan berbagai fungsi lainnya. Yang ternyata, memang tidak semua mahasiswa pernah menggunakan aplikasi ini secara teknis.

Karena itulah, latihan itu diadakan. Di Lab Komputer Pusat Bahasa Gedung Sirah Nabawiyah. Dengan 2 sesi, di pagi dan siang hari yang diisi oleh al-Ustadz Muhammad Taqiyuddin, M.Ag. Salah satu dosen prodi PBA UNIDA Gontor yang akan memberikan pelatihan bagi mahasiswa PBA Semester 1.

3 Fungsi Utama Ms. Excell

Diawali dengan pendahuluan dari ust Ahmad Kali Akbar, M.Pd; barulah acara dimulai. Dalam pelatihan tersebut diterangkan 3 fungsi dasar yang akan dipelajari. Yakni fungsi Excel secara deskriptif, matematis-kalkulatif, dan analisis. Ketiga hal ini sangat sering dibutuhkan dan digunakan secara luas.

Dalam fungsi Deskriptif, Ms. Excel digunakan untuk penyampaian data absen, daftar, tabulasi, dan lainnya. selain itu, adalah fungsi Matematis. Yakni memfungsikan Excel sebagai ‘mesin hitung’ untuk pembuatan pembukuan, rekap nilai rata-rata, hingga lainnya. Ada pula fungsi Analisis di mana Excel digunakan dari segi kekuatan fungsi rumusnya sebagai sarana mempermudah pengolahan data, presentasi, statistik, dan lainnya.

Pelatihan Praktis Ms. Excel

Pelatihan langsung dimulai secara praktis. Yakni membuat data nilai sederhana. Seluruh peserta membuat pula daftar nilai. Kemudian, dilakukan penggunaan beberapa fungsi untuk melakukan rekap nilai: seperti SUM, AVERAGE, maupun mean dan median. Dalam sesi pertama ini, terlihat hampir 30 % dari peserta sudah menguasai. Bahkan ada pula yang memang sudah mahir. Karena dahulu pernah berpengalaman sebagai bagian sekretaris di pondok.

Barulah sesi kedua pagi dimulai. Yakni pada praktik materi yang lebih meningkat. Khususnya pada fungsi matematis Excel. Berupa pembuatan pembukuan sederhana dengan model buku skontro biasa. Ada uang masuk, keluar, dan juga saldo. Dalam sesi ini peserta dilatih untuk menggunakan fungsi matematis Excel. Seperti pertambahan, pengurangan, dan membuat saldo akhir. Setelah itu, sesi pagi berakhir.

Mahasiswa PBA Semester 1 fokus dalam Workshop Ms. Excel

Di siang hari, materi lebih seru. Yakni melakukan pengolahan data dan print out sederhana. Beberapa trik yang diajarkan adalah menggunakan rumus VLOOKUP, UPPER, LOWER, PROPER, serta COUNTIF. Yakni fungsi yang mempermudah pencarian data dari suatu tabel. Dan merubah huruf menjadi besar, kecil, maupun besar di awal.

Kemudian, di akhir sesi diberi materi untuk melakukan print out. Yakni menyesuaikan ukuran halaman serta margin kanan, kiri, dan bawah. Lalu melakukan gladi print out dengan pdf dan XPS document. Sebagian peserta dapat menyelesaikannya dengan baik; meski sebagian kecil masih perlu dibantu oleh temannya. Siang hari, latihan pun berakhir. Para mahasiswa merasa mendapatkan ilmu baru tentang Excel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *