ALCOM 2020, Gali Potensi, Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Mahasiswi

ALCOM 2020, Gali Potensi, Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Mahasiswi

UNIDA Gontor – 26 Februari 2020, Closing of ALCOM 2020 (Arabic Language Competition 2020) berlangsung meriah dengan nuansa Timur Tengah yang bertempatan di Aula Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri meksipun diguyur hujan deras yang membuat beberapa peserta maupun panitia datang dengan keadaan basah kuyup. Derasnya hujan bukanlah penghalang bagi antusiasme mahasiswi untuk menyambut pengumuman yang ditunggu-tunggu terlihat dengan riuh intensitas mahasiswi yang memenuhi aula. Panitia tak kalah semangat dalam penyambutan tamu, berkostum anti-mainstream dengan jellaba dan niqob layaknya perempuan Timur Tengah.

ALCOM selaku acara perdana PBA menjadi tolak ukur akan kesuksesan acara sebelum dan sesudah. Dimana kedepannya PBA sangat tidak dipungkiri akan dihadapkan dengan ragam aktivitas akademik maupun non-akademik. Sebagai perlombaan pertama taraf lokal, tentu menumbuhkan semangat tersendiri bagi panitia maupun peserta untuk menghidupkan bii-ah-al-lughoowiyyah di kampus khususnya. Mengingat, habit of language dihadapkan dengan persoalan yang kompleks karena masih banyak mahasiswi yang tidak menggunakan bahasa resmi Arab dalam keseharian sedangkan bahasa Arab menjadi bahasa utama dalam civitas akademika dan keseharian di UNIDA. ALCOM membuka ragam cabang lomba seperti debat bahasa Arab yang berjalan dengan 3 ronde, tasyjii’ul-lughoh, orasi, ghina’ aroby, essay, qul bi lughoh, poster, qiroo’atu akhbaar, serta iklan live.

Acara ALCOM sungguh memberikan pengaruh bagi prodi-prodi sekitar yaang turut berkontribusi dalam kompetisi. Terlebih semua perlombaan harus menggunakan bahasa resmi Arab yang memaksa individu untuk membuka kembali ingatan mengenai kosa kata terkait, mencari tau arti dalam kamus yang lama tidak dibuka, serta memberikan (uslub) idiom bahasa Arab baru sesuai dengan program studi masing-masing. Visi awal ALCOM berhasil terealisir, untuk menyebarkan kesadaran berbahasa Arab mahasiswi dengan acara singkat ini.

Beberapa perlombaan sengaja diadakan secara outdoor guna menjajakkan acara bagi pasang mata yang melihatnya sehingga tumbuh keinginan berpaartisipasi dan keingintauan dalam pengetahuan berbahasa. Dalam perlombaan debat yang terjadi secara bergilir, enam prodi berhasil melanjutkan pada tahap semi-final yakni HI, IQT, HES, TI, PBA, dan PAI yang menyisakan tiga kubu dalam babak final yakni IQT, PBA, dan HES. Sistem debat yang digunakan dalam perlombaan ini ialah sistem Aji Mumpung, mengingat dalam sesi awal penyisihan jumlah kubu adalah ganjil sehingga menggunaan sistem kocokan yang menyisakan satu kelompok untuk mendapat keuntungan langsung menuju semi-final tanpa penyisihan. Dalam perlombaan, al-ustaadzah Siti Ni’matur Rahmah, M.Pd selaku pembimbing sekaligus juri dalam perlombaan iklan live mengatakan hadziihi-l-musaabaqah taarotan tamiilu ila saa’adah wa taarotan ila huzn. Nafroh bi tasliyatihin al-mudhikah al-ibtikaariyah, wa nahzan bi haali lughowiyatihin al-muhzinah (Perlombaan ini membawa kita pada dua keadaan;kebahagiaan dan kesedihan. Kebahagiaan karena lelucon mereka yang kreatif dan kesedihan karena kemampuan berbahasa mereka yang menyedihkan).

 

Acara penutupan, diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an, sambutan ketua acara, serta sambutan ka Prodi PBA al-ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd yang menerangkan tentang urgensi pembelajaran bahasa Arab. Dilanjutkan dengan pengumuman pememang dengan hasil sebagai berikut : Juara 3 Debat Bahasa Arab diraih oleh HES, juara 2 PBA (Syifaussakinah, Intan Fasya, Amy Fitriani Siregar / PBA 4), juara 1 IQT, Juara 3 Tasyjiul Lughoh diraih oleh HES, Juara 2 IQT dan Juara 1 PBA (Dina Ayu Wulandari, Fidela Devi Yolanda, Intan Fasya Zahara/ PBA 4) Juara 3 ghina arabi diraih oleh PM, juara 2 HI dan juara 1 IQT, dalam cabang perlombaan puisi juara 3 diraih oleh HI, juara 2 diraih oleh PBA dengan perwakilan May Lita Wardiya (PBA/4), dan juara 1 diperoleh IQT, Vlog juara 3 diperoleh PAI, Juara 2 PM, dan juara 1 TI, Poster juara 3 diraih oleh Farmasi, juara 2 HI, juara 1 PBA, Qul bi Lughoh juara 2 diraih oleh Tarbiyah, dan juara 1 Teknik Informatika, Esay juara 2 diraih oleh Jasirawati (PAI/2) sedangkan Juara 1 diperoleh Tasya Putri (IQT/4) Orasi Juara 3 PM, Juara 2 PBA (Alvia Nirma/ PBA 2), Juara 1 IQT. Sesi terakhir ialah pengumuman nominasi dengan Juara Favorit diperoleh HI, Juara umum IQT, Juara teladan PAI, juara tersemangat PM. Adapun panitia tersemangat dalam ALCOM tagar 1 yakni Ummu Salamah (PBA/4) dan Best Speaker dalam lomba Debat Bahasa Arab yakni Intan Fasya Zahara (PBA/4). Kedepannya, PBA berharap ALCOM selanjutnya benar-benar dapat memberi energi positif bagi sekitar serta  lebih baik dan meriah dari ALCOM perdana ini. (Aatina Khairal, Intan Fasya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *