Arabic Camp IV UNIDA Gontor: Membumikan Bahasa Arab di Indonesia

Arabic Camp IV UNIDA Gontor: Membumikan Bahasa Arab di Indonesia

UNIDA Gontor- UNIDA Gontor sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang memiliki visi pengembangan  bahasa Arab sebagai bahasa Agama Islam dan bahasa kebudayaan selalu melakukan inovasi dalam bentuk program, strategi, dan banyak kegiatan penembangan bahasa Arab agar mampu mendekatkan bahasa Arab kepada masyarakat dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Diantara kegiatan tersebut adalah  kegiatan Arabic Camp untuk para pecinta bahasa Arab di Indonesia di mana kegiatan ini adalah merupakan kegiatan pengembangan bahasa Arab bagi pecinta bahasa Arab yang ingin mengembangkan bahasa Arab dan keterampilan bahasa Arab. Kegiatan ini menitik beratkan kepada dua aspek utama yaitu kegiatan pengembangan keterampilan bahasa Arab seperti maharatul istima’, maharatul kalam, maharatul qiro’ah, dan maharatul kitabahi. Di samping itu, kegiatan ini juga menawarkan pengembangan kompetensi lain seperti pidato bahasa Arab, Drama Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, dan banyak lagi kegiatan pendukung yang menjadi fokus kegiatan ini.

Ditunjang dengan sistem asrama yang secara total dikelola oleh panitia yang terseleksi, peserta akan mendapatkan program pendukung lainnya yaitu pengembangan karakter islami, tahsin qiro’ah, dan tahfidz Al Qur’an. Pada tahun 2018 ini, Arabic Camp akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1439 H dan merupakan bagian dari kegiatan Kampung Ramadhan UNIDA Gontor. Arabic Camp tahun ini merupakan kegiatan mukim bahasa Arab yang ke IV setelah sebelumnya UNIDA Gontor berhasil melaksanakan tiga kali Arabic Camp dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang.

Panitia Arabic Camp 2018 telah membuka pendaftaran untuk 40 orang peserta dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang menjadi keputusan panitia pelaksana. Arabic Camp tahun ini akan terasa lebih istimewa karena berlangsung di bulan Ramadhan, sehingga akan banyak mendapatkan porsi untuk keseimbangan kegiatan pengembangan ubudiyah peserta pada satu sisi dan pengembangan bahasa Arab di sisi yang lain. Di samping itu peserta akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam kegaitan KRU UNIDA Gontor 2019 yang lain, seperti mukrom, karantina tahfidz, dan lain sebagainya. Jadi apa yang kamu tunggu? segera daftar sekarang juga, kuota terbatas!!! (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *