Bersyukur dengan Meningkatkan Prestasi

Bersyukur dengan Meningkatkan Prestasi

Hiduplah untuk berprestasi, karena berprestasi bagian dari Ibadah. Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal telah selesai. Ujian formalitas dalam bangku kuliah, namun ujian kehidupan akan terus ada dan itu sunnatullah. Ujian ada untuk meningkatkan derajat seorang hamba, tidak untuk menghinakannya. Begitu juga ujian yang ada di kampus untuk menunjukkan kapasistas setiap mahasiswa yang bersungguh-sungguh dalam belajar, karena ujian untuk belajar bukan belajar untuk ujian, begitu pepatah yang sering disampaikan Pak Zar, salah satu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Tak terasa perjalanan satu semester ganjil telah mencapai garis finish. Prodi PBA termasuk paling banyak bersyukur, pertama: Ustadz Alif Cahya Setiyadi, M.A sudah tiba di Leipzig, Jerman, untuk melanjutkan studi doktoral (S3). Berpegang dengan nasehat beliau sebelum berangkat: “Semua bisa berkembang dengan terus belajar”. Maka, Prodi Pendidikan Bahasa Arab berusaha untuk terus maju berkembang. Kedua, Ka.Prodi PBA baru penerus estafet perjuangan Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd mendapatkan amanah sebagai Sekretaris Jendral Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) Indonesia masa bakti 2019-2023 setelah MuNas PINBA XII di UNPAD Bandung, terpilih bukan karena kapasitas personaliti tapi karena mewakili PBA UNIDA Gontor yang sudah memiliki kepercayaan dari kampus lain. Ketiga, sukses Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh BPM UNIDA Gontor, sukses karena memiliki tim yang solid yang saling bahu-membahu untuk mensukseskan setiap program yang diamanahkan oleh fakultas dan Univeristas.

Dalam acara Tasyakuran atas selesainya UAS Gasal keluarga besar PBA juga mendapatkan beberapa penghargaan dari Universitas. Diantaranya: Mahasiswa PBA semester V Burhan Lukman Syah mendapatkan beasiswa MINHATI dari LAZISWAF, Ryandinarta Mahasiswa PBA V menjadi mahasiswa Teladan AKPAM, Website PBA mendapatkan Piagam pengahargaan Juara II terbaik selama satu semester, serta Ka.Prodi (Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd) dan Sekretaris prodi PBA (Ustadzah Mandrasi Amira Sa’idah, M.Pd) mendapatkan piagam penghargaan sebagai Pengawas teladan untuk dosen putra dan putri.

PBA meraih website terbaik lkedua pada semester ganjil 2019

Dalam penutupan UAS ini banyak sekali arahan dan nasehat yang disampaikan oleh Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi wakil rektor II UNIDA Gontor untuk seluruh mahasiswa dan dosen agar terus meningkatkan kompetensi diri. Beliau berpesan untuk seluruh mahasiswa: “Harapan kami kepada mahasiswa lebih tinggi daripada kapasitas mereka, tapi dalam setiap harapan kami ada do’a agar kalian mampu dan bisa”. Maka diperlukan keikhlasan dari seluruh mahasiswa jika ingin bisa maju dan lebih baik. Jangan merasa tertekan di kampus, karena masa depan kalian ditentukan dengan apa yang kalian lakukan selama 4 tahun di UNIDA Gontor. Seluruh mahasiswa bebas, tapi bebas itu jika mengerjakan sesuatu sesuai dengan naluri dan fitrah. Dan untuk bisa mengerti arti bebas butuh kedewasaan, dan kedewasaan anda tampak dalam cara berpikir dan bersikap. Di UNIDA Gontor anda dilatih bermasyarakat, leadership, skill hidup dan lain-lain. Maka, jika kalian mau bersabar dengan sedikit kesusahan, pasti akan merasakan kenikmatan yang panjanga.

إن صبرتم على الأشق قليلا استمتعتم بالأرفه الألذ طويلا

Dr. Abdul Hafidz Zaid, wakil rektor III menutup acara dengan pesan, semoga ke depan website Prodi bisa dengan bahasa Arab atau Inggris. Mengingat bahwa sekarang, UNIDA Gontor sedang merangkak menuju worldclass University, sehingga sudah sewajarnya website harus berbahasa Arab atau Inggris.

Alhamdulillah, apapun yang diraih oleh keluarga besar PBA di semester I baik mahasiswa ataupun dosen adalah hasil kerja kebersamaan dan kekeluargaan. Jangan terbuai dan teruslah maju ke depan. Fokus program PBA di semester II adalah meningkatkan kompetensi SDM baik mahasiswa ataupun dosen. Semoga Allah memudahkan seluruh langkah perjuangan yang masih panjang dan dicatat sebagai amal sholeh bagi semua yang berjuang. Aamiin.

[Muhammad Wahyudi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *