Cetak Kader Inovatif, Aktif, dan Imajinatif Melalui LPJ dan Serah Terima Amanat Kepengurusan HMP

Cetak Kader Inovatif, Aktif, dan Imajinatif Melalui LPJ dan Serah Terima Amanat Kepengurusan HMP

UNIDA Gontor – Sistem kaderisasi di Universitas Darussalam Gontor sudah berjalan sejak berdirinya PMDG di tahun 1926. Tepat pada Rabu, 12 Agustus 2020 bertempatkan di Meeting Hall Lantai 3 Gedung Pasca sarjana, laporan pertanggung jawaban Himpunan Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dibacakan oleh Fidela Devi Yolanda selaku ketua HMP masa periode 2019/2020 dengan khidmat. Acara ini dihadiri oleh jajaran dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Kampus Mantingan yaitu, Al-Ustadzah Astuti Syifaurrahmah, M.Pd, Al-Ustadzah Siti Ni’matul Rochma, M.Pd, dan Al-Ustadzah Gautama Veri Vetiana, M.Pd, dan himpunan mahasiswi PBA dari semester 1 hingga semester 5 secara offline, dan juga dihadiri oleh Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd – selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab melalui via Zoom.

Acara dibuka oleh MC lalu dilanjutkan pada sambutan acara yang juga dibuka oleh Ka Prodi PBA, Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd. Beliau menyampaikan poin penting sebagai motivasi, bahwa semakin amanah kita bertambah, maka bertambahlah kekuatan di dalam diri kita, maka seharusnya kita semakin dekat kepada Sang Pencipta.

كلما ازدادت الأمانة إذدادت القوة فيك فلا بد أن تتقربي إلى الله أقرب

HMP 2019-2020 berlimpah prestasi baik akademik maupun non-akademik dengan banyaknya kegiatan kebahasaan di dalam kampus, serta Webinar selama masa liburan baik level nasional hingga internasional. Ini semua bisa dilakukan karena jajaran HMP mau mengorbankan mimpi demi menepati janji-janjinya sebagai pengurus HMP. Dan inilah yang kita apresiasi dan sangat bangga dengan semangat juang mereka, hingga IG PBA UNIDA Gontor kampus Putri mencapai 2300 followers. Dan yang paling membanggakan adalah mereka dengan inisiatif sendiri mau membantu dan menjadi panitia OSPEK Tadris Bahasa Inggris (TBI). TBI adalah adik kandung PBA yang harus dibantu dan diajak dalam setiap kegiatan kampu. Begitulah tambah beliau.

Meskipun tidak banyak yang disampaikan, namun terdapat wejangan-wejangan bermanfaat seperti halnya dalam memotivasi untuk menjadikan HMP PBA Kampus Mantingan menjadi yang lebih baik dari pada sebelumnya melalui pergerakan positif. Karena di dalam pergerakan akan selalu ditemukan keberkahan dan ilmu baru. Ilmu yang mengajarkan akan bagaimana saling bertukar pikiran, ide, inovasi, dan strategi untuk memajukan nama prodi PBA. Alhasil, di dalam pergerakan yang positif, kerap akan menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan seperti acara perdana Arabic Language Competition bulan Februari 2020 silam yang berjalan sesuai dengan harapan meskipun masih ditemukan kekurangan. Tidak kalah dengan acara webinar untuk mengisi kekosongan selama liburan yang juga menambah nilai plus bagi HMP sendiri. Namun, semuanya tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak adanya sebuah kerja sama.

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan pelantikan HMP baru yang diketuai oleh saudari Nazalia Rosadanti dan Linda Syariefa selaku mahasiswi PBA semester 3. HMP baru dilantik oleh Ka Prodi, Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd dan diwakilkan oleh Al-Ustadzah Astuti Syifaurrahmah, M.Pd. Hingga tiba di  acara serah terima amanat HMP lama ke HMP baru yang dilaksanakan secara tertib, hingga berakhirnya sambutan-sambutan kedua ketua HMP; lama dan baru, lalu dilanjutkan do’a. Namun, sebelum berakhir acara tersebut, al-Ustadz Muhammad Wahyudi menambahkan, “Al-Ustadzah Sifa,  al-Ustadzah Nikmah dan al-Ustadzah Gautama are your real mother, sister and lecturers. Segala macam prestasi PBA di Mantingan adalah karena sentuhan ikhlas perjuangan mereka. Maka do’akan dan bantulah terus mereka dalam memajukan PBA. Selamat UTS dan berjuanglah demi masa depan yang lebih baik,” tutur beliau.


Reporter Mahasiswi : Nur An Nisaa, Mahasiswi PBA Semester 5
Reporter Dosen : Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd, Ketua Prodi PBA UNIDA Gontor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *