Edu Camp 2019: Sarana Penguatan dan Peningkatan Ukhuwah dosen dan mahasiswa Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor

Edu Camp 2019: Sarana Penguatan dan Peningkatan Ukhuwah dosen dan mahasiswa Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor

Unida Gontor –  Fakultas Tarbiyah sebagai salah satu pelaksana kegiatan akademik kemahasiswaan di UNIDA Gontor berusaha aktif dalam membangun ukhuwah civitas akademikanya. Berbagai kegiatan dilakukan untuk tujuan mempererat tali persaudaraan antara sesama dosen, antar mahasiswa, dan antara dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas. Adapun tujuan utama adalah untuk saling mengenal lebih dekat dan memperkuat ukhuwah demi terlaksanaanya setiap program yang dicanangkan oleh Prodi, Fakultas, dan Universitas.

Edu Camp 2019 mahasiswa prodi PAI dan PBA Fakultas Tarbiyah adalah merupakan bentuk dari kegiatan dengan tujuan diatas. Kegiatan ini diikuti oleh dosen-dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor semester 2. Untuk pertama kalinya edu camp ini dilaksanakan, sebagai prototype kegiatan Fakultas kedepannya. Sebuah kegiatan yang memiliki nilai edukasi selain sebagai wadah untuk menjalin keakraban antar civitas akademika.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur pada hari Kamis, 28 Februari-Jum’at, 1 Maret 2019. Bermacam-macam kegiatan direncanakan oleh panitia pelaksana, diantaranya adalah olah raga kelompok seperti sepak bola pantai dan bola voli pantai, jogging bersama sepanjang pantai, dan perlombaan ketangkasan. Selain itu, kegiatan ubudiyah juga dilakukan secara bersama seperti tadaruss Al Qur’an, Sholat Jum’at berjama’ah, sholat tahajjud, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan kebersamaan, panitia juga membuat kegiatan bakar ikan bersama yang dilaksanakan pada malam hari. Kegiatan lain yang tidak kalah penting adalah pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan program Go Clean Klayar. Di samping kegiatan edukasi kebersamaan, kegiatan ini juga diisi dengan orientasi Fakultas Tarbiyah dan juga Prodi PAI dan PBA kepada mahasiswa semester 2. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman mereka akan visi, misi, dan tujuan Fakultas Tarbiyah. Pembicara pertama dalam acara ini adalah bapak Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, Dr. H. Imam Bahroni, M.A.,M.L.Sc. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa ikhuwah kita adalah modal dasar  untuk mencapai visi dan misi hidup serta mengarahkan kita kepada apa yang seharusnya kita lalui dan lakukan untuk mencapai tujuan dari pendidikan yang sedang kita jalani di Fakultas Tarbiyah. Di samping itu, beliau juga menekankan bahwasannya mahasiswa semester 2 harus sudah melakukan perencanaan masa depan sedini mungkin agar mampu bersaing baik pada tingkat nasional maupun internasional. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *