Forum Mahasiswa PBA Ponorogo Kembali Mengadakan Festival Bahasa Arab se-Jawa Timur 2019

Forum Mahasiswa PBA Ponorogo Kembali Mengadakan Festival Bahasa Arab se-Jawa Timur 2019

UNIDA Gontor – Sebagai salah satu program kegiatan yang menjadi kesepakatan antara forum mahasiswa pendidikan bahasa arab Ponorogo ( PBA UNIDA Gontor, PBA IAIN Ponorogo & PBA INSURI Ponorogo) pada tahun 2017 adalah Mahrajan Lughoh Al Arabiyah Bi Ponorogo. Yaitu program festival bahasa arab se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh 3 instansi di Ponorogo.

Forum Mahasiswa Ponorogo berafiliasi dengan ITHLA, yang mana organisasi ini adalah organisasi mahasiswa bahasa arab tingkat Nasional terdiri dari 55 instansi yang telah bergabung. Organisasi ini berfokus pada pengembangan bahasa arab di kalangan mahasiswa. Atas dasar itulah, Forum Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Ponorogo mengadakan Mahrajan Lughoh Al Arabiyah untuk memperkenalkan bahasa arab kepada para pelajar se-Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan agar para pelajar bisa mengenal lebih dalam bahasa arab dan mampu mengembangkan dan menambah pengetahuannya tentang bahasa arab.

Untuk keempat kalinya, terhitung mulai hari Sabtu, 23 sampai 24 Maret 2019 kegiatan ini berlangsung yang bertempat di Kampus INSURI Ponorogo. Mahrajan Lughoh Al Arabiyah tahun ini dibuka secara resmi oleh Rektor INSURI yang diwakili Bapak Jauhan Budiawan, M. Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah INSURI.

“Kami berharap semoga acara Mahrajan Lughoh Al Arabiyah 2019 ini berjalan dengan sebaik-baiknya dan semoga ini mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan Kota Ponorogo khususnya dalam bidang bahasa arab. Kami juga berharap pemikiran pelajar dan orang tua terbuka akan pentingya bahasa arab, sehingga nantinya pelajar Ponorogo tidak lagi memandang bahasa arab sebelah mata, seluruh anak Ponorogo haruslah memiliki masa depan yang cerah untuk membangun kota tercintanya ini, salah satunya dengan mengembangkan bahasa arab” tutur Pak Jauhan.

Acara ini teridiri dari 3 acara besar yaitu : Seminar Nasional yang berjudul “Untaian Bahasa Membangun Cita-Cita Bangsa di Era Milenial”, berbagai macam perlombaan bahasa arab tingkat SMA sederajat dan mahasiswa, Pagelaran Seni Mahasiswa dan Pengajian Akbar.[Naufal Akmal]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *