Go Clean Klayar: Program Pengabdian Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Kepada Lingkungan

Go Clean Klayar: Program Pengabdian Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Kepada Lingkungan

UNIDA Gontor-Sebagai upaya untuk mensinergikan antara Tridharma Perguruan Tinggi, Fakultas Tarbiyah selalu berinovasi dalam kegiatan, terutama kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program terbaru adalah Go Clean Fakultas Tarbiyah sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa Fakultas Tarbiyah terhadap keselamatan lingkungan. Di sisi lain, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat dalam upaya penjagaan dan pelestarian lingkungan dari berbagai factor negative yang merusak.

Mahasiswa Prodi PAI dan PBA sedang memungut sampah di sekitar pantai Klayar Pacitan

Go Clean Klayar adalah salah satu bentuk dari kegiatan pengabdian ini, di mana seluruh dosen dan mahasiswa semester 2 Fakultas Tarbiyah secara bersama-sama melakukan pembersihan pantai Klayar Pacitan. Sejumlah 25 dosen dan tenaga kependidikan dari Prodi PAI dan PBA terjun langsung dalam kegiatan ini. Bersama dengan sekitar 65 mahasiswa semester 2 prodi PAI (35 orang) dan PBA (30 orang), para dosen melakukan penyisiran pantai Klayar untuk kegiatan pembersihan. Kegiatan ini di mulai pada pukul 08.00 – 10.00 setelah pelaksanaan kegiatan perlombaan ketangkasan Edu Camp 2019.

Progam mengabdi kepada lingkungan ini di inisiasi oleh mahasiswa semester 2 karena melihat rendahnya kesadaran para pengunjung tempat wisata Klayar Pacitan Jawa Timur. Terdapat banyak sampah yang berserakan disepanjang pantai yang mana hal tersebut sangat berbahaya terhadap kelangsungan ekosistem yang ada di daerah tersebut. Oleh karena itu, program pertama dari go clean ini adalah membersihkan daerah pantai dari sampah-sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung. Selanjutnya kegiatan kebersihan di fokuskan di area pertokoan di sepanjang pantai Klayar. Kegiatan yang di bimbing langsung oleh Ust Samsirin, M.Pd. dan Ust Alwi Yuson, M.A. serta para dosen lainnya tersebut telah berhasil mengumpulkan 2 tong sampah berbahan dasar plastik di sepanjang pasir dan sekitar pertokoan pantai Klayar. Harapan kami dari kegiatan ini adalah bertambahnya kesadaan mahasiswa semester 2 Fakultas Tarbiyah secara khusus dan pera pengunjung pantai Klayar pada umumnya akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Satu lembar sampah plastik akan mampu menghancurkan ekosistem yang sudah terbentuk dan hidup ratusan tahun. Penjagaan terhadap anugerah yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada kita adalah merupakan wujud kesyukran kita atasnya. Untuk itu diakhir kegiatan ini, seluruh dosen dan mahasiswa melaksanakan sholat Jum’at berjama’ah di Hall homestay Mayangsari dan bermunajat untuk sebuah kesyukuran telah dianugerahi pantai Klayar yang sangat indah mempesona. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *