SEO Untuk Pemula Yang Wajib Anda Ketahui!

SEO Untuk Pemula Yang Wajib Anda Ketahui!

pengetahuan dasar seo untuk pemula

pengetahuan dasar seo untuk pemula

Apa itu SEO? Untuk apa? Bagaimana menerapkannya? Baiklah, begini. Bagi Anda yang sudah menggeluti dunia internet marketing, tentu sudah tidak asing dengan istilah SEO. Tapi, jika Anda seorang pemula, bisa dipastikan Anda belum mengerti tentang SEO, bahkan, mungkin ini pertama kali Anda mendengarnya. Secara ringkas dan padat, tulisan ini akan membimbing Anda untuk memahami SEO dari nol dan menerapkannya pada website Anda. 

Sebagai contoh, pernahkah Anda mencari sesuatu di internet dengan mengetikkan kata kunci tertentu di search engine atau mesin pencari semisal Google, yahoo!, atau Bing? Tentunya search engine akan memberikan Anda hasil berupa link-link website yang relevan dengan sesuatu yang Anda cari itu.

Yang perlu Anda ketahui, hasil pencarian itu tidak mengacak, tapi berdasarkan kualitas dan relevansi website. Maka, Anda harus menjadikan website Anda memiliki kualitas yang baik menurut mesin pencari. Nah, ilmu untuk mengoptimalkan sebuah website agar berkualitas disebut SEO (Search Engine Optimization).

Lebih detailnya, silakan disimak dan pahami istilah-istilah SEO ini beserta penjelasannya:

  1. Konsep Dasar SEO untuk pemula

Apa itu SEO? Mudahnya, SEO atau Search Engine Optimization adalah cara mengoptimalkan kinerja website agar bisa dinilai baik oleh mesin pencari. Semakin baik SEO sebuah website, maka mesin pencari akan menampilkan website tersebut di halaman pertama pencarian. Dan jika website Anda berada di posisi pertama halaman pencarian, maka otomatis semain banyak pengunjung website Anda. Bukankah itu yang Anda inginkan?

  • On Page SEO

On Page SEO adalah faktor-faktor yang dinilai oleh mesin pencari. Apakah website Anda sudah memenuhi standar kualitas dan relevansi mesin pencari atau belum?

Memang kriteria seperti apa sih yang diinginkan mesin pencari? Di antara yang terpenting adalah kemanfaatan bagi pengunjung, kemudahan pengunjung dalam menjelajah website, kenyamanan pengunjung, dan terakhir mesin pencari harus mengerti struktur website Anda.

  • Riset Kata Kunci

Anda pasti ingin artikel yang Anda posting di website bisa dibaca oleh orang melalui mesin pencarian. Tapi masalah yang terjadi adalah artikel tersebut tida berisi kata kunci/keyword yang biasa dicari orang. Maka riset kata kunci sangat penting untuk mendongkrak jumlah visitor ke website Anda.

  • Content Marketing

Sebagaimana banyak diucapkan oleh para praktisi SEO bahwa content is king. Konten sebuah website adalah kunci utama dalam strategi optimasi SEO. Maka, buatlah konten Anda bermanfaat untuk pembaca sehingga mereka mudah memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membaca konten website yang sudah berpengalaman dalam dunia marketing. Kemudian Anda coba terapkan pada website Anda. Butuh proses untuk menjadikan konten Anda enak dibaca dan dipahami.

  • Off Page SEO

Secara singkat, Off Page SEO adalah usaha mengoptimalkan mesin pencari dari luar website. Bagaimana caranya? Caranya dengan membangun link website kita di website orang lain yang berkualitas. Semakin baik kualitas website yang Anda tanam link tersebut, maka link Anda semakin baik pula. Dengan demikian, mesin pencari akan mendeteksi dan menilai bahwa website Anda memiliki reputasi baik dan layak ditempatkan di posisi teratas halaman pencarian.

  • Link Building

Link Building adalah cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website Anda. Tapi ingat, tidak semua backlink bisa memberikan efek positif bagi website Anda, bahkan jika backlinknya sembarangan bisa membahayakan website. Maka, carilah backlink yang natural dan berkualitas. Artinya, backlink itu diberika secara cuma-cuma atau sudah mendapatkan izin dari pemilik website tersebut, tidak dengan cara spam.

  • Menilai Kinerja SEO

Setelah melalui proses dari awal, maka yang terakhir Anda lakukan adalah mengevaluasi kinerja SEO yang sudah Anda buat. Apakah efektif atau tidak? Apakah ada kenaikan pengunjung atau malah turun drastis. Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, di antaranya:

  1. Coba Anda integrasikan data statistik yang ada di Search Console dan Google Analytic. Jika Anda belum mengerti kedua istilah tersebut, bisa Anda cari infonya terlebih dahulu.
  2. Lakukan Crawling dengan alat bantu

Anda minta bantuan mesin pencari untuk menjelajah halaman-halaman website Anda, apakah ada yang error atau tidak.

  • Riset Kata Kunci lebih lanjut

Kata kunci apa yang harus diriset? Di antaranya: Judul, Meta description dan konten.

  • Analisa Performa Konten

Karena konten adalah raja, maka perlu dianalisa performa konten yang sudah Anda buat pada website. Karena 80% kinerja SEO ada pada konten.

Inilah beberapa pembahasan mendasar tentang SEO untuk pemula. Tentu tidak cukup sampai di sini. Masih banyak teka-teki yang belum terjawab dalam tulisan ini. Tapi paling tidak, bagi Anda yang masih pemula sekali bisa sedikit menambah pengetahuan tentang SEO, fungsinya dan cara menerapkannya pada website Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *