Kemauan, Kunci Sukses Berbahasa

Kemauan, Kunci Sukses Berbahasa

UNIDA Gontor  –  Tahun ini, program bahasa matrikulasi dalam upayanya meningkatkan bahasa Arab mahasiswa-mahasiswi UNIDA Gontor terutama lulusan non KMI, rupanya telah disetujui oleh Rektor UNIDA Gontor. Pada tanggal 1 Juli 2020 kemarin, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A, sebagai Wakil Rektor III dan Direktur Pusat Bahasa UNIDA Gontor, membuka kelas program matrikulasi bahasa di kampus pusat, tepatnya di ruang Multimedia lantai 3 gedung Terpadu itu. Acara tersebut diikuti oleh 14 mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah.

“Bisa berbahasa Arab adalah sesuatu yang luar biasa sekali. Kita jadi lebih bisa memahami kitabullah, hadist, doa-doa, dan lain sebagainya yang berbahasa Arab. Tidak ada rugi sama sekali dalam belajar bahasa Arab. Keberadaan antum disini saja sudah baik, sudah mau mengikuti program satu tahun ini dengan ikhlas sebelum mengikuti perkuliahan di kampus ini,” tutur beliau sebagai motivasi baru untuk semua mahasiswa.

“Belajar bahasa itu hubungannya bukan hanya tentang kemampuan, tetapi lebih kepada kemauan. Apa artinya? Harus ada usaha untuk selalu mempraktikkan bahasa Arab dari yang paling mudah kita temukan di sekitar kita. Ibarat nasi adalah kemauan, dan garam adalah kemampuan. Untuk bisa kenyang, kita cukup makan nasi saja, tidak perlu garam. Jika saat ini kalian berjuang untuk belajar, maka tahun depan sudah bisa mengajar. Dan dengan mengajarlah kemampuan kalian akan terasah lebih baik. Inilah yang menjadi kunci kesuksesan berbahasa di Gontor, niat, kemauan dan kesungguhan,” lanjut beliau.

Tak kalah juga semangatnya dalam mensukseskan program ini di UNIDA Gontor kampus putri, Mantingan. Pada tanggal 4 Juli 2020 kemarin, Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH, selaku Dekan Kulliyatul Banat UNIDA Gontor di kampus putri, beliau membuka acara ini dengan sangat hikmat dan semangat. Selain diikuti 17 mahasiswi sebagai peserta program matrikulasi bahasa ini, seluruh mahasiswi Program Pascasarjana Kampus Mantingan Prodi PBA dan beberapa mahasiswi Prodi PBA semester 5-7 juga ikut menghadiri acara sebagai pengajar materi yang ada pada program tersebut.

Ustadz Nur, begitu kami menyapa, menyampaikan dalam motivasi dan arahannya, bahwa bagaimanapun caranya mereka harus bisa menumbuhkan ghiroh untuk ikhlas, sabar dan sungguh-sungguh karena mereka benar-benar akan belajar bahasa satu tahun dan itu bukanlah suatu hal yang mudah. Dengan suasana hangat dan semangat, para mahasiswipun menyambut dengan lebih semangat lagi, seperti sudah tidak sabar lagi mengikuti program ini di kelas.

Memang benar-benar salut kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti program yang diadakan oleh pusat bahasa ini. Bagaimana tidak, keikhlasan dan kesabaran mereka dalam belajar di UNIDA Gontor membuat para dosen dan semua jajaran panitia di pusat kebahasaan turut senang. Rela menunggu satu tahun dengan belajar bahasa Arab untuk bisa mengikuti perkuliahan resmi di universitas dan demi menyandang status resmi mahasiswa-mahasiswi UNIDA Gontor tahun depan.


Reporter: Riza Nurlaila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *