Lokakarya II Lingustik Korpus Arab Sesi Kedua: Mengembangkan Penelitian Kompetitif Berbasis Korpus Bahasa Arab

Lokakarya II Lingustik Korpus Arab Sesi Kedua: Mengembangkan Penelitian Kompetitif Berbasis Korpus Bahasa Arab

UNIDA Gontor –  Korpus Arab, selain menjadi sebuah kajian yang mampu merepresentasikan khazanah kekayaan bahasa Arab Nusantara juga mampu memberikan ruang khusus bagi para peneliti perguruan tinggi untuk mengembangkan penelitian yang berbasis data korpus. Atau bahkan korpus yang dihasilkan dari data-data penelitian yang sudah dilakukan. Hal ini sudah dibuktikan oleh Prof. Madya. Dr. Haslina binti Hassan – dosen dan peneliti korpus Arab di IIU Malaysia dengan sederetan penelitian yang berbasis pada data korpus.

Pada sesi kedua lokakarya II Korpus Linguistik Arab di UNIDA Gontor, Prof. Madya. Dr. Haslina binti Hassan sebagai narasumber utama mengenalkan kepada peserta contoh dan sistem penelitian yang menggunakan data korpus. Seluruh peserta diajak untuk berinteraksi dengan korpus dalam berbagai bahasa disertai dengan cara dan strategi pemanfaatnya dalam penelitian. Interaksi peserta fokus pada bagaimana mengumpukan dan menambah data dalam korpus yang dilakukan dengan memanfaatkan salah satu situs korpus online.

Dalam pelatihan yang diadakan pada hari Rabu 17 Januari 2018 dan  dihadiri oleh sekitar 130 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia ini, pembicara menjelaskan lebih detail terkait pemanfaatan korpus dalam prose pendidikan diantaranya adalah untuk pembuatan bahan ajar dalam bahasa Arab. Langkah tersebut dimulai dengan melakukan penelitian terhadap data-data korpus dan untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan ajar. Dalam forum ini juga beliau menegaskan bahwa pemanfaat korpus Arab dalam menunjang aspek pendidikan harus dikuatkan, sehingga korpus tidak hanya menjadi bahan kajian yang stabil tapi lebih dinamis dalam menunjang aspek-aspek lain.

“ Pelatihan ini sangat membuka wacana para pemerhati bahasa Arab di Indonesia, bukan karena keterbaruan objek kajiannya akan tetapi lebih kepada pentingnya korpus sebagai sarana pendukung aspek-aspek pembelajaran terutama dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia di satu sisi dan sebagai objek penelitian di sisi yang lain” , tegas Ust Yoke Suryadarma, M.Pd.I., ketua pelaksana Lokakarya II Korpus Linguistik Arab tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *