Mengasah Kemampuan Pedagogi dan Administratif Mahasiswa PBA Melalui Pelatihan Bahasa Arab Santri PP Nurhasanat Karawang

Mengasah Kemampuan Pedagogi dan Administratif Mahasiswa PBA Melalui Pelatihan Bahasa Arab Santri PP Nurhasanat Karawang

UNIDA Gontor – program pengembangan kemampuan pedagogi dan administatif mahasasiswa PBA selalu ditempa di setiap semester. Mahasiswa secara langsung memenpa kemampuan mereka dalam hal ini melalui kegiatan program pengembangan bahasa Arab UNIDA Gontor bekerjasama dengan PUSDIKLAT UNIDA Gontor. Dalam kegiatan ini mahasiswa mengorganisir kegiatan pelatihan dan pembelajaran bahasa Arab serta pembentukan karakter pesantren siswa-siswi sekolah menangah. Di sini, mahasiswa dibekali dengan berbagai pengalaman dalam pengembangan bahasa, praktek mengajar bahasa Arab, mengorganisir keuangan program, mengatur kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler program dan lain sebagainya.  

Pada awal semester genap 2019 ini, mahasiswa prodi PBA mengawali program penempaan diri ini dengan menjadi pelaksana kegiatan pelatihan bahasa Arab dan pembentukan karakter bagi siswa dan siswi Pondok Pesantren Nurhasanat Karawang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 27 Januari 2019 sampai 9 Februari 2019  dengan jumlah peserta 20 siswa dan 34 siswi dengan dibimbing oleh 3 orang guru pondok tersebut.

Acara yang di buka oleh bapak Wakil Rektor UNIDA Gontor, Dr. H. Abdul Hafidz bin Zaid, M.A. dilaksanakan selama 14 hari. Kegiatan utama program ini adalah kegiatan pembelajaran bahasa Arab untuk level sekolah menengah dan pembentukan karakter kepesantrenan. Kegiatan pembelajaran bahasa Arab dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas dengan berbagai bentuk kegiatan. Pelajaran di dalam kelas meliputi durusullughah, imla’, muthalaa’ah, maharatul istima’, muhadatsah, dan lain sebagainya. Adapun kegiatan di luar kelas difokuskan kepada peningkatan kemampuan bahasa siswa dan siswi seperti Khitabah Arabiyah, Syi’ir Arabi, vocal group, dan lain sebagainya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, sejumlah 25 mahasiswa prodi PBA dari berbagai semester berkecimpung aktif dalam setiap kegiatan tersebut baik kegiatan kurikuler ataupun ekstrakurikuler. Selain itu, panitia juga melibatkan sejumlah dosen prodi PBA dan mahasiswa pascasarjana PBA UNIDA Gontor. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi dosen untuk berkontribusi langsung dalam penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai bentuk tridarma perguruan tinggi. Mahasiswa melatih dan mempersiapkan diri untuk menjadi pengajar bahasa Arab yang handal dan dosen di satu sisi, mengembangkan diri dalam penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidangnya.

Di akhir kegiatan, peserta mempersembahkan penampilan-penampilan yang bernafaskan bahasa Arab, seperti pidato bahasa Arab, membaca puisi Arab, dan penampilan-penampilan bahasa Arab lainnya. Dalam acara ini, ketua Prodi PBA sekaligus direktur Pusdiklat UNIDA Gontor menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan dan dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh Dr. H. Abdul Hafidz Zaid, M.A. Dalam penutupan juga dibagikan hadiah bagi para pemenang dalam perlombaan bahasa yang dilaksanakan untuk peserta. Diantaranya adalah perlombaan puisi Arab, pidato Arab, cerdas cermat, rangking satu, lomba memasak, membuat kue, menghias parcel dan lain sebagainya. [Alif Cahya Setiyadi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *