Mengawali Tahun Ajaran Baru, PBA Laksanakan Seminar Proposal Skripsi (SPS) Perdana di UNIDA Gontor

Mengawali Tahun Ajaran Baru, PBA Laksanakan Seminar Proposal Skripsi (SPS) Perdana di UNIDA Gontor

UNIDA GONTOR – Seminar Proposal Skripsi (SPS) perdana Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dilaksanakan pada hari Jum’at (5/7) pukul 09.00. SPS perdana PBA di laksanakan di kampus Mantingan dihadiri oleh Kaprodi PBA, Alif Cahya Setiyadi, M.A, dosen PBA, dan seluruh mahasiswi PBA semester 7. SPS perdana PBA disampaikan oleh Niswa Ikraama dengan judul “Tahli-l-Akhtho’ An-Nahwiyah fii Insya’ Al-Arabii Li-Sanah Al-Khamisah bi Ma’hadi Darusssalam Gontor Lil-Banaat Al-Haram Al-Tsaalits Al-‘Am Ad-Dirasii 1440-1441” dengan pembimbing Yoke Suryadarma, M.A di Aula Pascasarjana UNIDA Gontor kampus Mantingan.

Sebelum acara dimulai, seluruh mahasiswi dihimbau untuk melihat dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh dikarenakan acara SPS sangat penting. Hal ini juga disampaikan oleh Kaprodi PBA di acara pengarahan SPS pada hari Jum’at (28/6). Penting karena SPS merupakan awal dari penilaian skripsi. Maka dari itu, setiap mahasiswa telah dipilihkan pembimbing dari dosen yang kompeten sesuai dengan bidang penelitiannya. Meskipun demikian pembimbing belum mempunyai andil muthlak dalam penulisan proposal, karena dari proposal inilah akan terlihat pemahamam mahasiswa dalam hal materi, metode penelitian, dan penulisan ilmiah.

SPS dibuka oleh moderator dan dilanjutkan dengan presentasi proposal skripsi dengan durasi 15 menit. Pada tahap inilah mahasiswa terkait dituntut untuk menyampaikan proposal dengan baik sehingga dapat diterima dalam forum. Kemudian dilanjutkan penyampaian evaluasi, kritik dan saran oleh al-muntaqid al-‘am dan al-muntaqid ar-raisii. Sehingga dalam SPS seluruh peserta berhak mendapatkan nilai karena nilai dilalukan dari segi mahasiswa yang menyampaikan seminar atau peneliti, moderator, muntaqid, dan juga dari keaktifan seluruh mahasiswa dalam memberikan komentar atau evaluasi serta nilai kehadiran.

Acara ini usai pada pukul 11.00 WIB. Ditutup dengan evaluasi teknis pelaksanaan SPS oleh Kaprodi PBA. Acara SPS ini merpupakan acara istimewa karena SPS PBA merupakan SPS Prodi pertama di UNIDA Gontor. [Hani’atul Mabruroh]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *