Menjadi Pemateri dalam Seminar Internasional Online, Dosen PBA UNIDA Gontor Tekankan Pentingnya At-Tadribat Al-Lughowiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Menjadi Pemateri dalam Seminar Internasional Online, Dosen PBA UNIDA Gontor Tekankan Pentingnya At-Tadribat Al-Lughowiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Sabtu, 10 Oktober 2020, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin bekerjasama dengan Universitas Darussalam Gontor dan Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi mengadakan Webinar Internasional dengan tema “Metode dan Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Era Teknologi”. Webinar Internasional ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan dihadiri lebih dari 500 peserta dari berbagai daerah dan lembaga.

Webinar ini merupakan salah satu bukti kerjasama bidang Publikasi dan pelaksanaan Seminar Internasional antara PBA UIN Antasari dengan PBA UNIDA Gontor yang melibatkan IMLA sebagai wadah organisasi dan komunikasi para pengajar bahasa Arab di Indonesia. Dan pada kesempatan kali webinar difokuskan dengan tema pada pembelajaran bahasa Arab di Era Teknologi.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., yang turut menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka acara. Adapun pemateri pada webinar ini ialah, Dr. Arif Bin Syaj’an Bin Mas’ud Al-‘Ushaimi yang merupakan dosen di Umm Al-Qurro’ Makkah Al-Mukarromah Saudi Arabia sebagai keynote speaker. Pembicara kedua adalah Assoc. Prof. Dr. Yuslina Muhammad yang merupakan dosen USIM Malaysia, Al-Ustadz M. Kamil Ramma Oensyar, M.Pd, dari UIN Antasari, dan Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I, yang merupakan dosen PBA Universitas Darussalam Gontor.

Dalam presentasinya, Al-Ustadz Yoke Suryadarma menyampaikan bahwa pembelajaran bahasa Arab tidak akan mungkin berhasil tanpa latihan yang terus menurus dilakukan. “Dari sinilah, maka Isyroful mudarris, menjadi sangat urgent dalam pembelajaran bahasa Arab”, ungkap beliau. Selain itu beliau juga menjelaskan beberapa platform yang memungkinkan untuk digunakan secara mandiri (at-ta’allum adzzati) salah satunya yaitu Arabic Online yang dibisa diakses di https://lms.seu.edu.sa/.

Untuk lebih detail dan jelasnya, bisa dilihat penjelasan beliau di alamat link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=lq4CFcVSb7M&t=79s .

By : Rahmat Arif, S.Pd (Staf Biro Alumni & Kerjasama)
ed. Yoke Suryadarma, M.Pd.I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *