Menjadi Presenter dalam KONASBARA ke 4 Malang, Bukti Nyata Laporan Hasil Penelitian Dosen Dan Mahasiswa PBA UNIDA Gontor

Menjadi Presenter dalam KONASBARA ke 4 Malang, Bukti Nyata Laporan Hasil Penelitian Dosen Dan Mahasiswa PBA UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Sebagai Perguruan Tinggi Pesantren yang berlandaskan pada nilai-nilai Islami, Universitas Darussalam Gontor tidak lepas dari pembelajaran bahasa Arab. Bahasa Arab sebagai bahasa al-Qur’an merupakan perhatian utama dalam mengembangkan Islamisai ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, dalam setiap kesempatan UNIDA Gontor senantiasa mengembangkan dan menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi aktif dalam lingkungan kampus antar civitas akademika.

Dalam rangka mengembangkan pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan era modern, maka PBA UNIDA Gontor juga mengadakan progam penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa Arab. Progam ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreativitas dan kemampuan tulis menulis dalam penelitian untuk mahasiswa maupun dosen.

Sebagai bentuk laporan hasil penelitian tersebut, pada 6 Oktober  2018 lalu, Progam studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor mendelegasikan tiga Tim Peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitiannya ke Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) ke-4 di Universitas Negeri Malang. Peneliti pertama yang diwakili oleh Usth. Alinda Zakiyah Faqiroh, M.Pd. dengan mempresentasikan judul penelitan, تصميم الوسئل التعليم النحو مؤسسا علي برنامج بويربوينت لرفع كفاءة لغة الطلبةKemudian Tim kedua, yang diwakili oleh  Fariz Mirza Abdillah dengan mempresentasikan judul penelitan, محاولة ترقية الكفاءة اللغة العربية عبر المخيم العربي الرابع لغير الناطقين بها. Tim kedua, yang diwakili oleh Ibnu Fitrianto dengan mempresentasikan judul penelitan, “Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Progam Pemantapan Bahasa Arab dan  Shahsiah (KEMBARA) ke 4 Mahasiswa  Kolej Universiti Islam Antar  Bangsa  Selangor  (KUIS) Tahun 2018”.

Konferensi ini dibuka oleh Dr. Fuad Effendi salah satu pendiri IMLA (Ittihadu Muallimin Lughatul Arabiyah). Sedangkan Pembicara Utama (Keynote Speaker) dalam konferensi ini ialah Abdulah M.A Al Hajjaji dan M. Syatibi Nawawi. dengan tema “Kreativitas dan Inovasi dalam pembelajaran bahasa arab di Indonesia”. Konferensi ini juga banyak dihadiri oleh dosen-dosen dari berbagai Kampus di Indonesia.

Akhirnya, semoga kegiatan ini dapat dijadikan wadah pengembangan kemampuan bagi dosen dan mahasiswa PBA dalam melaksanakan penelitian secara aktif, sekaligus menjadi  motivasi bagi mahasiswa progam studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor untuk dapat terus mengembangkan pembelajran bahasa Arab modern dan menjawab problematika pembelajaran bahasa Arab yang ada di Indonesia. (Ibn Fitriyanto /ed. Y-Suryadarma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *