Multaqo Nasional Bahasa Arab ke-II Univeristas Al-Azhar Jakarta : Sebagai Bukti sinergitas Penelitian Dosen dan Mahasiswa PBA UNIDA Gontor

Multaqo Nasional Bahasa Arab ke-II Univeristas Al-Azhar Jakarta : Sebagai Bukti sinergitas Penelitian Dosen dan Mahasiswa PBA UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Dalam rangka meningkatkan sistem dan kualitas pembelajaran bahasa Arab secara modern. Program studi pendidikan bahasa Arab UNIDA Gontor mengadakan program penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa Arab. Program ini diadakan agar Mahasiswa dan Dosen dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan menulis dalam penelitian

Sebagai bentuk laporan dalam penelitian tersebut, pada hari rabu tanggal 18 Desember 2019, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor mengirimkan 3 kelompok delegasi dalam rangka mempresentasikan hasil penelitiannya ke Multaqo Nasional Bahasa Arab di Universitas Al-Azhar Jakarta. Peneliti pertama yang di wakili oleh Naufal fikri dan Hakim Syukri dengan mempresentasikan judul penelitian
المدخل في تعلّم اللغة العربية لتطوير أساس تعلّم اللغة العربية في المخيّم العربي
Kemudian Tim peneliti kedua, yang diwakili oleh Fajar Nur Syah Alam mempresentasikan penelitiannya dengan judul Upaya Peningkatan Motivasi Siswa untuk Meningkatkan Maharah Kalam, dan tim ketiga diwakili oleh Ardiman Fadhil dengan mempresentasikan judul penelitiannya Penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, Ponorogo.

Konfrensi ini di buka oleh Rektor Universitas Al Azhar Jakarta, Prof.Dr.Ir. Asep Saifuddin, MSc.d, sedangkan pembicara utama (keynote speaker) dalam Multaqo ini adalah Dr. Muhib Abdul Wahab, M.A (Dosen Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah), Dr. Ali Rashed Al Majed ( Native dari arab saudi), Dr. Sounia Rabhi,Lc, M.Pd (Dosen native dari maroko) dengan tema “Bahasa dan Sastra Arab penguat kajian kearaban di era digital”. Konfrensi ini juga banyak dihadiri oleh para Dosen dari berbagai Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Diharapkan dalam agenda ini dapat dijadikan wadah pengembangan kemampuan bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian secara aktif, sekaligus menjadi inspirasi bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab untuk selalu mengembangkan banyak metode pembelajaran dan pengajaran, khususnya dalam bahasa arab dan menjawab problemmatika pembelajaran Bahasa Arab yang ada di Indonesia.

-Fajar Nur syah Alam-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *