Karantina Tahfidz Qur’an Mahasiswa PBA, Proses Menuju Standarisasi Alumni Yang Bermutu Dan Berarti

Karantina Tahfidz Qur’an Mahasiswa PBA, Proses Menuju Standarisasi Alumni Yang Bermutu Dan Berarti

Pada hari Kamis 10 Muharram 1440 H bertepatan dengan tanggal 20 september 2018 pukul 08.00 WIB Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (HMP PBA) Divisi Kerohanian mengadakan acara karantina tahfidz Al-Qur’an dan acara Buka Puasa Bersama. Acara tersebut dilaksanakan bersama dengan para dosen dan segenap mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Arab dari semester 1 hingga semester akhir. Acara itu dilaksanakan di Hall Siroh Nabawiyah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Lantai 2. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah sebagai bentuk murajaah dan upaya pencapaian target hafalan Al-Qur’an Mahasiswa sebagai syarat mengikuti ujian akhir semester. Selain dari pada itu acara tersebut diadakan untuk mempererat silaturahmi antara mahasiswa Prodi PBA beserta para dosen.

Hafalan Al-Qur’an merupakan program UNIDA Gontor dalam merealisasikan Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan menghasilkan alumni-alumni yang tidak hanya pintar dalam bidang keilmuan saja, tetapi juga menjadi ulama yang intelek dan tahu agama. Sehingga seluruh ilmu yang ia miliki didasari degan keimanan kepada Allah SWT. Seluruh mahasiswa UNIDA Gontor wajib menghafal Al-Qur’an sekurang-kurangnya empat Juz sebagai syarat wisuda. Hafalan ini pun menjadi syarat ujian akhir semester (UAS) setiap mahasiswa di UNIDA Gontor yang dimana ujian tahfidz Al Qur’an ini pun sudah masuk ke dalam sistem SKS setiap mahasiswa.

Setelah acara Tahfidzul Qur’an selesai dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan  para civitas akademika Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Sambil menunggu waktu berbuka Al Ustadz K.H. Heru Saiful Anwar M.A.. selaku wakil dekan fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor memberikan tausiyah tentang keutamaan dan manfaat menghafal Al-Qur’an kepada seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa dosen PBA diantara adalah Al Ustadz Yoke Suryadarma M,Pd.I, Al Ustadz Aufa Alfian Musthafa, M.A, Al Ustadz Farouq Abdullah M,Pd., Al Ustadz Aris Fachriza, M.Pd., Al Ustadz Luthfi Muhyiddin, M.A., Ustadzah Fitri Setyorini M,Pd. Dan Ustadzah Fitra awalia rahmawati, M.Pd.

 Setelah datang waktu berbuka para hadirin menyantap menu takjil yang sudah disediakan panitia kemudian melaksanakan shalat maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan pemilihan penanggung jawab HMP per semester dan ketua-ketua panitia acara prodi kedepannya, pemilihan ini dilakukan lebih awal,  jauh sebelum acara di selenggarakan agar panitia benar-benar mempersiapkan acara dengan matang. Acara hari itu pun diakhiri dengan ramah tamah dengan menu hidangan yang sudah disediakan oleh panitia. [HMP PBA UNIDA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *