Pelatihan Khutbah Jumat Pekanan

Pelatihan Khutbah Jumat Pekanan

UNIDA Gontor – Sudah dibuka sejak Agustus, yakni kegiatan pelatihan khutbah bagi mahasiswa Semester 7. Beberapa dosen ditugaskan untuk mengawal program tersebut. Melalui kontrol dari Ketua Prodi.

Di Prodi PBA, al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd menugaskan al-Ustadz Ahmad Kali Akbar, M.Pd dan al-Ustadz Muhammad Taqiyuddin, M.Ag untuk mensukseskan tugas tersebut.

Dalam pelatihan yang diadakan tiap Selasa siang, peserta dijadwal secara bergantian untuk berkhutbah. Setelah membuat sendiri teks khutbahnya. Keseluruhan aspek dari khatib dinilai. Dari orisinilitas teks, bahasa, pemilihan diksi dan iftitāh, hingga doa dan validitas dalil al-Quran dan hadits.

Selain itu, segi penampilan juga dinilai. Dari ketepatan waktu, mimik orasi, kefasihan, kelugasan bahasa, serta tata etik dan rukun khutbah. Pelatihan ini diadakan sebulan. Yang diakhiri dengan ujian, agar peserta mampu tampil secara prima.

Kegiatan ujian sengaja dilakukan secara intensif. Sebagai ganti dari kewajiban khutbah Jumat di luar kampus. Yang sedianya memang bisa dilakukan; karena fleksibilitas belum terbatasi oleh Covid-19.

Sementara, para mahasiswa tidak diberi kesempatan untuk khutbah di desa sekitar Siman. Untuk kenyamanan bersama dan masyarakat, maka kewajiban tersebut diganti dengan kegiatan ini.

Agar seluruh peserta lulus, pelatihan diadakan secara intensif dan padat dengan latihan serta perbaikan dari dosen pembimbing. Hasil dari khutbah ini akan direncanakan untuk diupload sebagai dokumen contoh untuk peserta khutbah di tahun selanjutnya.


Oleh: Muhammad Taqiyuddin, M.Ag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *