Pengarahan Penguji Skripsi Fakultas Tarbiyah: Menjaga Standarisasi Ujian Skripsi di UNIDA Gontor

Pengarahan Penguji Skripsi Fakultas Tarbiyah: Menjaga Standarisasi Ujian Skripsi di UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Ujian skripsi mahasiswa akhir Fakultas Tarbiyah adalah merupakan rangkaian proses tridarma perguruan tinggi. Kegiatan ini melibatkan elemen-elemen penting diantaranya adalah dosen penguji skripsi yang telah memiliki kualifikasi tertentu sesuai dengan peraturan pemerintah. Selain tingkat kepangkatan dosen penguji, pengetahuan akan tugas masing-masing penguji dalam ujian skripsi terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah juga menjadi syarat utama dalam proses ujian tersebut.

Sebagai bentuk usaha untuk memberi pengetahuan terkait dengan kewajiban dan hak penguji dalam ujian skripsi adalah pengarahan penguji skripsi. Pada tahun ajaran ini pembekalan penguji dilaksanakan pada hari Senin, 7 Mei 2018 di Ruang Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor. Pengarahan dilakukan oleh Sekretaris Fakultas Alif Cahya Setiyadi dan diikuti oleh lebih dari 15 orang dosen penguji skripsi Fakultas Tarbiyah.

Pengarahan ini bertujuan untuk membekali para penguji skripsi tugas-tugas sebagai penguji baik menjadi penguji pertama maupun kedua. Di samping itu, penguji juga dibekali dengan simulasi ujian skripsi mulai dari pembukaan, proses ujian, sampai penutupan ujian skripsi. Sehingga penguji mampu memahami dengan jelas tugas dan proses ujian skripsi di Fakultas Tarbiyah.

Tujuan lain dari kegiatan pengarahan ini adalah standarisasi ujian skripsi, standarisasi proses ujian, standarisasi penguji ujian dan tugas-tugasnya. Proses ujian yang dilakukan menjadi sesuai dengan tata tertib ujian Fakultas Tabriyah UNIDA Gontor. Begitu juga penguji ujian skripsi harus mengetahui tugas masing-masing sesuai dengan tugas dan kewajiban penguji dalam ujian skripsi. Maka dari itu diharapkan dari semua hal tersebut keseimbangan dan standarisasi ujian skripsi di Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *