Pengarahan Seminar Proposal Skripsi Program Studi PBA UNIDA Gontor

Pengarahan Seminar Proposal Skripsi Program Studi PBA UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Sebagai mahasiswa akhir sudah seharusnya menyelesaikan masa studinya dengan sesegera mungkin, yang tentu saja dibuktikan dengan selesainya penulisan skripsi, dilanjutkan dengan sidang dan beberapa rentetan kewajiban penunjang menjadi seorang sarjana. Sidang proposal skripsi sejatinya merupakan kegiatan pemaparan proposal skripsi di depan tim pembimbing seminar dan mahasiswa program studi. Karena untuk dapat melaksanakan sidang tersebut ada beberapa hal yang wajib dipenuhi dan diketahui oleh seluruh mahasiswa. Begitulah tutur Ustadz Aufa Alfian Musthofa, M.A selaku pemateri kala itu dalam mengawali pengarahan Seminar Proposal Skripsi pada hari Ahad, 5 Juli 2020 itu.

Acara pengarahan Seminar Proposal Skripsi tersebut bertempat di ruang Microteaching gedung utama lantai 2 Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, yang juga dihadiri oleh al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd selaku ketua program studi PBA UNIDA Gontor, dan beberapa dosen PBA, serta segenap mahasiswa program studi PBA semester 7 kampus Siman.

Disela-sela penjelasan terkait seputar mekanisme pelaksanaan seminar proposal skripsi baik itu yang berupa beberapa persyaratan dan prosedur yang harus dilalui oleh setiap individu, sebagai pemateri, Ustadz Aufa Alfian, juga berdialog langsung secara interaktif dengan mahasiswa. Terlihat beliau menanyakan satu persatu kepada mahasiswa mengenai progres yang sudah di capai selama ini, karena target tetap harus dicapai untuk memotivasi diri dalam mengerjakan skripsi. Tak luput dari itu, beliau juga berpesan bahwa untuk dapat mencapai sebuah hasil akhir yang membanggakan haruslah dengan usaha yang selalu diiringi dengan doa memohon kepada sang maha kuasa agar diberi kelancaran, terjaganya niat dan keistiqomahan, terbukanya fikiran dan wawasan hingga sebuah target besar dapat segera tercapai. Kemudian beliau menekankan untuk tidak lupa dengan deadline pengumpulan revisi proposal ke prodi yakni seminggu setelah Seminar Proposal Skripsi (SPS) dilaksanakan.

“Sebuah bukti nyata jika kalian ingin membahagiakan kedua orang tua dirumah yang sudah berusaha agar kalian semua bisa memiliki masa depan yang cerah dengan menimba ilmu di sini yakni dengan lulus secepat mungkin, karena tidak semua dari kita memiliki latar belakang pendidikan orang tua yang baik, maka dari itu mereka berusaha semaksimal mungkin membiayai agar anak-anaknya memiliki bekal dalam segi keilmuan yang nantinya dapat berguna bagi kalian sendiri khususnya dan bagi umat Islam pada umumnya. I believe that everyone is able to make his story, but it won’t be easy to make history (Saya percaya bahwasanya setiap orang mampu untuk membuat ceritanya sendiri akan tetapi untuk membuat sebuah sejarah itu tidak mudah),” tambah beliau.

Selain kampus pusat, kampus Robitoh dan kampus Mantingan tentunya juga ikut mengadakan, yaitu pada tanggal 4 Juli 2020 yang diikuti oleh 13 mahasiswa semester 7 kampus Robitoh dan 30 mahasiswi kampus Mantingan pada tanggal 6 Juli 2020. Termasuk salah satu target Prodi PBA, yaitu menyegerakan mahasiswa-mahasiwinya dalam menuntaskan seminar proposal skripsi ini sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) tahun ini agar bisa melanjutkan langkah demi langkah lagi dengan target yang serentak dan teratur. WaAllahu musta’an.


Reporter: Muhammad Syahrul Anwar, Mahasiswa PBA UNIDA Gontor Semester 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *