Pentas Seni Bahasa Arab dan Materi Nisaiyyat Sarana Menjadi Muslimah yang Multitalent

Pentas Seni Bahasa Arab dan Materi Nisaiyyat Sarana Menjadi Muslimah yang Multitalent

Pada hari Ahad, 5 Januari 2019, di pagi yang penuh berkah, kami mengadakan sebuah acara pertunjukan seni dan sastra yang dikemas dengan Bahasa Arab. Beberapa penampilan yang kami persembahkan diantaranya puisi tentang perjuangan dan gambaran kasih seorang ibu dalam Bahasa Arab, penyampaian frasa bahasa Arab atau asalib yang ditujukan agar para santriwati menggunakannya dalam keseharian mereka, siaran berita pondok dalam Bahasa Arab, persembahan lagu terjemahan Bahasa Arab yang berjudul “Aku dan kenangan”. Secara umum acara yang mendidik ini ditujukan untuk memberikan qudwah namudzajiyah kepada santriwati dalam mencintai dan menjunjung tinggi Bahasa Arab yang merupakan hidup dan Bahasa Al-Qur’an. Disisi lain acara ini tidak lain untuk meningkatkan kemampuan berbahasa santriwati juga 4 ketrampilannya yaitu ketrampilan mendengar, berbicara, membaca, dan juga menulis.

Di sore harinya kami melaksanakan seminar keputrian yang diisi oleh Ustadzah Ani Fauziah dan Ustadzah Atiya Darajat dengan materi menata buah, menata prasmanan dan beberapa video kreasi serbet lima menit. Seminar ini diikuti oleh seluruh santriwati Pondok Modern Daar Al Fallah. Pada acara ini pemateri menjelaskan materi dengan sangat jelas. Tidak hanya penjelasan melalui suara, namun para pemateri sangat semangat dan membawa alat-alat untuk memperjelas praktek tersebut. Setelah penjelasan dari pemateri dilanjutkan dengan praktek. Dan seminar diakhiri dengan nasehat-nasehat serta motivasi-motivasi yang berkenaan dengan kepurtian dan motivasi dalam segala aspek. Adapun acara ini kami adakan dengan tujuan  menambah pengetahuan santriwati khususnya dalam bidang keputrian.

Di malam harinya kami mengadakan pemilihan seluruh acara untuk persiapan kegiatan Pensi, seperti : HTQ & MTQ, Puisi, Pidato, dan lain-lain. Acara ini dilaksanakan untuk melatih santriwati dalam hal kelancaran melafalkan kalimat arab, dan juga melatih keberanian para santriwati, dan dengan lomba ini kita dapat mengetahui setandar kemampuan santriwati dalam pelafalan kalimat arab, dan juga dapat mengetahui keberanian mereka dalam mengutarakan kalimat – kalimat yang berbahasa arab.

-Charity Aghnia-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *