Percepat Skripsi, PBA UNIDA Gontor Menggelar Bengkel Bimbingan Skripsi

Percepat Skripsi, PBA UNIDA Gontor Menggelar Bengkel Bimbingan Skripsi

UNIDA Gontor – Skripsi merupakan tugas akhir penulisan karya ilmiah bagi para mahasiswa/I UNIDA Gontor. Untuk memenuhi persyaratan tersebut, maka mahasiswa diminta untuk dapat membuat proposal skripsi dengan baik. Walhasil, dari survey yang telah diadakan di kampus oleh tim fungsionaris menyatakan bahwa masih banyak mahasiswa/I yang salah dalam pembuatan proposal skripsi.

Untuk menanggulangi pembuatan proposal skripsi tersebut maka Prodi PBA mengambil insiatif untuk menggelar bengkel skripsi yang diperuntukkan bagi mahasiswa/i UNIDA Gontor. Untuk mengawali pembekalan tersebut, maka kampus Mantingan menjadi target awal untuk diadakan bengkel skripsi. Adapun percobaan bengkel bimbingan skripsi akan dilanjutkan juga ke kampus Siman dan Robtihoh.

Prodi Bahasa Arab (PBA) memiliki standar dalam penulisan skripsi yang harus diperhatikan oleh mahasiswi UNIDA Gontor. Acara pembekalan ini pertama kali diadakan di kampus Mantingan yang diikuti oleh 28 mahasiswi semester 6. Kepala Prodi PBA, Al-Ustadz Alif Cahya Setiyadi, M.A membuka acara ini, ia pun memberikan sambutan sekaligus memotivasi untuk para mahasiswinya. Diantaranya adalah memotivasi agar dapat menyelesaikan tepat waktu dalam penulisan skripsi. “Acara ini sangat penting dan perlu dilanjutkan karena acara ini memudahkan dalam penulisan skripsi,” ujar Ust. Alif. Selasa, (26/03).

Selain itu Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I menjelaskan bahwa pembekalan bengkel proposal skripsi sangat perlu diadakan, karena hal ini sangat terkait dengan percepatan penulisan skripsi. Ia pun menjelaskan dalam penelitian terbagi menjadi dua yakni; penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam hal ini ia meminta kepada mahasiswi harus membuat proposal sesuai dengan kemampuan mahasiswinya dalam pemilihan penelitian. Karena hal tersebut akan menjadi pedoman dalam penelitian kuantitatif atau kualitatif.

Diantara penelitian Salah satu pembatasan ruang permasalahan adalah dengan melihat rumusan masalah dalam penelitian skripsi. Hal ini merupakan bagian dari sistematika dalam penelitian skripsi, dengan memunculkan batasan-batasan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Hal sistematika tersebut diutarakan oleh calon Doktor di Perguruan tinggi Khourtom Sudan, Al-Ustadz Ismail bin Syuhada, M.Pd.I secara jelas terkait hal tersebut.

Selain itu seorang calon Doktor di Perguruan tinggi Khourtom Sudan, Al-Ustadz Agus Yasin, M.Pd.I menambahkan terkait dengan penulisan skripsi. Ia menerangkan bahwa dalam penulisan harus bisa mengeluarkan output yang baik yakni bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Ia pun berharap dalam penulisan skripsi baik dalam penelitian lapangan maupun perpustakaan harus memiliki data yang kuat. Ia pun memberikan permisalan dalam penelitian lapangan maupun perpustakaan. Di penghujung acara para mahasiswi diberi kesempatan untuk saling berdiskusi terhadap para pemateri yang disampaikan oleh para dosen-dosen. Diharapkan diadakannya bengkel bimbingan skripsi ini menjadi langkah kemudahan dalam penulisan skripsi yang akan berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya. (Tonny Ilham)     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *