Peserta Korpus Linguistik Arab dalami Aplikasi Web Berbasis Sketch Engine & AntConc/WordSmith

Peserta Korpus Linguistik Arab dalami Aplikasi Web Berbasis Sketch Engine & AntConc/WordSmith

UNIDA Gontor – Hall Markaz Shiroh Nabawiyah menjadi tempat pelatihan aplikasi web berbasis Sketch Engine oleh tim Korpus Arab yang terdiri dari dosen PBA UNIDA Gontor serta beberapa kolega dari beberapa lembaga perguruan tinggi dan pesantren dibawah naungan IMLA Indonesia pada Jum’at, 13 Maret 2020 di sesi yang ke tiga – empat.

Pengelolaan sistem perangkat lunak web dan mutahir di era sekarang ini mutlak perlu adanya untuk menopang eksistensi dari sebuah lembaga. Ini juga sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan dari pengguna perangkat lunak tersebut, karena informasi dengan management dan terorganisasi secara baik akan memiliki kebermanfaatan yang berkelanjutan.

Dalam perkembangannya, perangkat lunak yang akan diterapkan oleh tim Korpus Arab Indonesia adalah sebuah aplikasi web berbasis Sktech Engine dan AntConc / wordSmith, dalam penerapan nantinya perangkat lunak ini memiliki beberapa keistimewaan salah satunya memiliki penyajian statistika dengan jumlah yang lebih besar dan variatif dari yang lain.

Salah satu peserta menanyakan bagaimana menerapkan aplikasi ini kepada mahasiswa dalam sesi tanya jawab, berkat pengalaman panjang narasumber pun dapat menjelaskan kepada seluruh peserta ; Dalam perjalanan dan pengalaman selaku pengguna perangkat lunak berbasis Sketch Engine di Universitas Indonesia, aplikasi ini sangat bermanfaat bilamana kita akan membandingkan dua kata yang sama dan memiliki kemiripan, bantuan dari perangkat lunak ini membantu kita menganalisis makna setiap kata berdasarkan koleksi dari ribuan teks yang sesuai dan kompleks secara linguistik. Selebihnya tinggal bagaimana kita mengabstraksikannya dalam bentuk tulisan, mahasiswa saya juga melakukan hal yang sama ketika mereka mengerjakan beberapa tugas ataupun penelitian, ungkap Totok Suhardijanto, Ph.D

Beberapa Korpus sudah menerapkan aplikasi ini, harapannya Korpus Arab Indonesia dapat segera menerapkan aplikasi ini, tentunya akan sangat memudahkan baik SDM secara struktural yang akan mengelola ataupun lembaga yang akan ikut berkontribusi menggunakannya ditinjau dari segi psikologi linguistik bahasa. Karena penyajian informasi terkait kebahasaan akan lebih spesifik dan variatif dengan bantuan aplikasi web berbasis Sketch Engine.


Penulis: M. Syahrul Anwar

Editor: Ahmad Kali Akbar, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *