Prodi PBA Laksanakan PPL di Ponpes Manahijussadat Lebak Banten Langkah Aktif Menjalin Kerjasama

Prodi PBA Laksanakan PPL di Ponpes Manahijussadat Lebak Banten Langkah Aktif Menjalin Kerjasama

Unida Gontor-Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan visi dan misi program studi PBA serta memperluas jaringan kerja sama, maka pada awal bulan Januari tahun 2019 ini, Prodi PBA melaksanakan program rutin tahunan yaitu, Program Pengayaan Lapangan (PPL) untuk seluruh mahasiswi semester enam di Pondok Pesantren Manahijussadat Lebak, Banten. Sejumlah dua puluh delapan orang mahasiswi berangkat menuju lebak, Banten pada tanggal 3 Januari 2019 yang lalu bersama tiga orang dosen pembimbing yaitu, Al Ustadz Nur Tsalis Al-Amin, M.Pd, Al Ustadz Aufa Alfian Musthofa, M.A, dan Al Ustadzah Alinda Zakiyatul Fakhiroh, M.Pd. yang kemudian disambut hangat oleh pimpinan Pondok Pesantren Manahijussadat yaitu, K.H. Sulaiman Effendi, M.Pd.I beserta beberapa ustadz dan ustadzah guru di Pesantren tersebut. Salah satu ustadzah guru pengajar adalah alumni Prodi PBA Unida Gontor, yaitu Al Ustadzah Habita Zaujina, S.Pd.I.

PPL ini dilaksanakan kurang lebih selama satu minggu, yaitu tanggal 4 – 11 Januari 2019 dengan tujuan untuk mengasah dan mempraktikkan pembelajaran yang telah didapat selama perkuliahan dari semester satu sampai semester lima sehingga memiliki pengalaman dan pengetahuan tambahan dari lapangan untuk kemudian dibawa dan dibahas kembali di ruang kelas perkuliahan guna persiapan menulis tugas akhir di semester tujuh dan delapan. Harapannya, dengan PPL tersebut informasi mengenai pengajaran bahasa Arab yang mencakup metode, materi dan cara pengajaran di terima dan di pahami dengan baik oleh para mahasiswi sehingga dapat menambah khazanah pengetahuan yang lebih bermutu.

selain hal tersebut, kegiatan PPL ini juga memiliki tujuan lain yaitu memperluas jaringan kerja sama dan silaturahim antara prodi PBA Unida Gontor dengan lembaga pendidikan lainnya di Indonesia, terutama di Lebak, Banten. Sehingga diharapkan bahwa manfaat dari prodi PBA Unida Gontor dapat dirasakan oleh Pondok Pesantren Manahijussadat Lebak, Banten baik dari segi materi pengajaran maupun teori dan praktik pengajaran yang dapat menambah dan meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kegiatan PPL Prodi PBA Unida Gontor selalu menekankan pada transfer nilai dan pengalaman selain pengetahuan, karena hal itu akan sangat membantu dalam meningkatkan mutu dan kualitas ke arah yang lebih baik.

sambutan yang hangat dan respon yang baik dari pihak Ponpes Manahijussadat merupakan salah satu indikator keberhasilan program PPL Prodi PBA Unida Gontor sejak dari persiapan, pelaksanaan dan penutupan rentetan acara kegiatan tersebut. Hal ini juga di apresiasi dengan sangat baik oleh pimpinan Ponpes beserta jajaran para guru dan santri sejak kedatangan rombongan hingga waktu perpisahan ketika para mahasiswi harus kembali ke kampus tercinta. Prodi PBA Unida Gontor mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada Pimpinan Ponpes Manahijussadat Lebak, Banten atas terlaksananya program PPL ini sebagaimana disampaikan oleh Al Ustadz Nur Tsalis Al-Amin, M.Pd. dalam sambutannya pada acara penutupan. [LM/19]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *