Prodi PBA UNIDA Gontor Mengadakan  Lokakarya Pembuatan SAP, RPS Dan CO Mata Kuliah Prodi PBA UNIDA Gontor Bagi Dosen-Dosen Prodi PBA UNIDA Gontor Tahap Satu

Prodi PBA UNIDA Gontor Mengadakan Lokakarya Pembuatan SAP, RPS Dan CO Mata Kuliah Prodi PBA UNIDA Gontor Bagi Dosen-Dosen Prodi PBA UNIDA Gontor Tahap Satu

Sesuai dengan UU No 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, pasal 60 bagian b, Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen berkewajiban merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Sedangkan dalam melaksanakan perencanaan proses pembelajaran, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh dosen sebuah perguruan tinggi, yaitu menyiapkan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dari mata kuliah tersebut sekaligus membuat SAP (Satuan Acara Perkuliahan) mata kuliah yang diampu.

Mengawali tahun 2018, Prodi PBA UNIDA gontor mengadakan  Lokakarya Pembuatan SAP, RPS dan CO Mata Kuliah Prodi PBA UNIDA Gontor bagi dosen-dosen Prodi PBA UNIDA Gontor 2017 -2018 Tahap Satu yang diadakan di Hall Gedung Pasca Sarjana Lt. 1  Unida Gontor, pada hari Senin, 13 Rabiul Akhir 1439 H bertepatan dengan 1 Januari 2018.

Dalam kesempatan ini, Prodi PBA UNIDA gontor mengundang sekitar 22 dosen yang terdiri atas, 18 dosen tetap PBA Unida Gontor dan 4 dosen Tetap Fak. Tarbiyah yang mengampu materi di Prodi PBA. Adapun yang menjadi Tutor dalam lokakarya ini adalah Ust. Ahmad Farouq Abdullah, M.Pd.I dan Ust. Yoke Suryadarma, M.Pd.I. dimana keduanya sudah pernah mengikuti pelatihan sejenis bersama Prof. Barmawy Munthe, MA dari CTSP UIN Yogyakarta tahun lalu.

Materi yang disampaikan dalam lokakarya tahap satu ini, meliputi pengenalan Umum mengenai SAP (Satuan Acara Perkuliahan), RPS (Rencana Pembelajaran Semester), Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), perbedaan diantara istilah-istilah tersebut, cara pembuatan RPS dan RPP sekaligus pendampingan pembuatan RPS dan RPP.

Diharapkan dengan diadakannya lokarkarya ini, masing-masing dosen Prodi PBA UNIDA Gontor memiliki pemahaman mendalam mengenai SAP, CO dan RPS matakuliah yang diampuhnya sesuai dengan standard KKNI dan SNPT, serta mampu membuat SAP, CO dan RPS sesuai dengan mata kuliah yang diampuhnya. (ahmad_oka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *