PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab merupakan bagian dari Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor sebagai wadah pengembangan ilmu bahasa Arab dan pengajarannya. Penyelenggaraan program studi didasarkan pada Surat Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: Dj. II/281/03. Sejak saat itu program studi ini sudah melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Dan saat ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK No.197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 dengan predikat A.

Penyelenggaraan program studi ini berawal dari keinginan Pondok Modern Darussalam Gontor yang kuat untuk membumikan bahasa Arab di Indonesia dan membentuk pengajar bahasa Arab yang kompeten dalam pengajaran bahasa Arab. Untuk itu program studi ini memprioritaskan penguasaan materi-materi bahasa Arab dan pengajaran bahasa Arab yang dipadukan dengan materi-materi pendidikan dan Dirasah Islamiyah secara seimbang dan komprehensif.

Pelaksanaan pendidikan yang seimbang dan komprehensif inilah yang di atas dapat menghasilkan lulusan yang memiliki integeritas keislaman dan kependidikan yang luas, memiliki kemampuan dalam bahasa Arab secara teoritis dan praktis, memiliki wawasan dan keterampilan mengajarkan bahasa Arab, serta mampu merancang, mendesain, dan mengembangkan pengajaran bahasa Arab yang efektif bagi non-Arab.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab membentuk lingkungan akademik yang kondusif untuk pelaksanaan kegiatan akademik belajar dan mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sarana dan prasarana yang memadai baik dari ruang perkuliahan, laboratorium bahasa, laboratorium microteaching, dan perpustakaan diadakan guna mendukung proses kegiatan akademik. Di samping itu, mahasiswa / i program studi PBA Universitas Darussalam Gontor diberi kesempatan untuk melakukan praktik mengajar bahasa Arab di lembaga pendidikan, lembaga bahasa, dan pusat pelatihan yang ada di lingkungan univesitas untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab.

Tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi dan kompetensi juga menjadi salah satu aspek penting yang mendukung program studi PBA Universitas Darussalam Gontor