Sadar Teknologi melalui Workshop Penggunaan Aplikasi Reference Manager Mendeley

Sadar Teknologi melalui Workshop Penggunaan Aplikasi Reference Manager Mendeley

Oleh: Fajar Nur Syah Alam (Mahasiswa PBA Semester 5)

UNIDA Gontor – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor mengadakan Workshop Penggunaan Aplikasi Reference Manager Mendeley yang dilaksanakan di Ruang Multimedia pada hari Kamis, 8 Oktober 2020. Agenda ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 5 dan beberapa asatidz Prodi PBA.

Tentang Workshop

Workshop kali ini merupakan materi lanjutan dari workshop menulis karya ilmiah yang dilaksanakan pada hari sebelumnya. Dalam workshop ini, peserta membawa laptop masing-masing untuk praktik pembuatan akun Mendeley, kemudian menginstalnya di laptop masing-masing. Peserta diarahkan tentang langkah-langkah pembuatan akun Mendeley sampai pelatihan penggunaannya dari awal hingga sampai memiliki perpustakaan online sendiri.

Dengan mengikuti workshop ini, peserta diharapkan dapat menggunakan tools penting dalam aplikasi Mendeley sebagai reference manager. Peserta juga dapat mensinkronkan Microsoft Word dengan aplikasi Mendeley sehingga mempermudah peserta dalam pembuatan daftar pustaka. Selain itu, peserta juga dapat mengelola library dan dapat menggunakan web importer dalam aplikasi Mendeley tersebut.

Pengguna dapat menggunakan Mendeley sebagai sebuah aplikasi desktop yang terinstal secara offline di komputer. Aplikasi tersebut sering disebut sebagai Mendeley Desktop. Selain itu, pengelolaan menggunakan Mendeley juga dapat dilakukan secara online (Mendeley Web), setelah terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, para mahasiswa juga dapat mengaplikasikan dalam penulisan karya ilmiah dan skripsi sehingga dapat mempermudah dalam mengelola referensi penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Dan juga memberikan bekal kepada mahasiswa yang ingin menjadi peneliti ahli nantinya.

Kesan Mahasiswa

Di penghujung acara Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I meminta dari beberapa mahasiswa untuk menyampaikan refleksi atau kesan terkait workshop penulisan ini. Rahmad Maulana Tazzali, Mahasiswa PBA Semester 5 memyampaikan “Bahwasanya apabila kita menjadi orang yang memahami teknologi maka akan memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan. Maka kami harapkan teman-teman agar faham dan melek teknologi karena saat ini kita hidup di era 4.0. Dan terakhir apa yang akan harus kami lakukan yaitu mengamalkan apa yang telah kami dapat seperti dalam dalil  العلم بلا عمل كالشجر بلا ثمر.”

Kesan kedua disampaikan oleh Muhammad Nauval Alwan. “Mendeley hanyalah sebuah sistem yang dimana manusia yang membuatnya, sehingga tidak akan berguna apabila kita tidak dapat memahami cara memakainya. Banyak cara dan metode yang dapat kita ambil didalam menulis. Memperbanyak wawasan dan referensi dan tentunya mengamalkan ilmu yang telah kami dapat,” ujarnya.

Yang terakhir, Nanda Nikola menambahkan, “Kita berada pada era 4.0 yang pada aktivitas ini dapat memperkaya ilmu dan kita harus terbiasa dan membiasakan diri dalam aplikasi ini’’.

Setelah pembacaan kesan dan refleksi terkait workshop penulisan karya ilmiah ini, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I. Tak lupa dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada beliau dan foto bersama.

Foto Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *