Sosialisasi Urgensi SPL Bagi Mahasiswa Melalui Pembekalan SPL  Fakultas Tarbiyah

Sosialisasi Urgensi SPL Bagi Mahasiswa Melalui Pembekalan SPL Fakultas Tarbiyah

Unida Gontor- Studi Pengalaman Lapangan adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah dalam bentuk studi kependidikan terhadap lembaga pendidikan di luar kampus baik di dalam dan luar negeri. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa Fakultas Tabiyah pengetahuan tentang lembaga kependidikan serta bagaimana lembaga tersebut melaksanakan proses pembelajarannya. Hal ini dimaksukan untuk memberikan bekal dasar bagi mereka sebelum dan setelah mendapatkan suntikan pengetahuan tentang pendidikan di dalam kelas untuk dapat dijadikan sebagai dasar sebelum terjun langsung dalam dunia pendidikan.

SPL Mahasiswa prodi PAI dan PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor kampus pusat pada tahun akademik 2017-2018 akan dilaksanakan di dua objek yang berbeda berdasarkan prodi. Prodi PAI akan melaksanakan SPL pada hari Senin-Kamis, 26 Februari -01 Maret 2018 di beberapa objek kunjungan di Yogyakarta dan Semarang. Adapun prodi PBA akan melaksanakan SPL pada hari Senin-Jum’at, 26 Februari – 02 Maret 2018 di DKI Jakarta.

Sebelum pelaksanaan kegiatan SPL, mahasiswa peserta kegiatan ini harus mengikuti pembekalan terkait dengan SPL. Pembekalan dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 di Hall CIOS UNIDA Gontor pada pukul 20.00 WIB. Pada kesempatan ini, pembekalan dibagi menjadi dua sesi utama yaitu pembekalan dasar SPL oleh Ust Yoke Suryadarma, M.Pd. I. dan pembekalan praktis pelaksanaan SPL oleh ust Taufik Risky Sista, M.Pd.I.

Dalam pembekalan SPL Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, pemateri pertama menyampaikan urgensi SPL kepada mahasiswa dari berbagai aspek. “ SPL merupakan sarana pengembangan diri mahasiswa untuk membekalinya pengetahuan dan realita pendidikan dan perkembangannya ” tutur pemateri dihadapan lebih dari 150 mahasiswa semester 4 dan 2. Selanjutnya acara yang dihadiri oleh dosen pembimbing SPL dan mahasiswa peserta PPL ini ditutup dengan doa oleh Ust Agus Yasin, M.Pd.I. dan pengarahan dari panitia pelaksana. Mahasiswa SPL akan dilepas pada hari Senin, 26 Februari 2018 oleh bapak Dekan Fakultas Tarbiyah. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *