Studi Akademik ke Lirboyo : belajar metode pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga lain

Studi Akademik ke Lirboyo : belajar metode pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga lain

Kediri – Mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Brab mengadakan agenda tahunan, yaitu studi akademik ke berbagai lembaga pendidikan untuk menelaah berbagai metode pembelajaran bahasa Arab, salah satu objek tujuan studi akademik mahasiswa PBA 2 adalah pondok pesantren Lirboyo Kediri yang merupakan salah satu pondok tertua di Indonesia. Kunjungan ini di ikuti oleh 2 dosen PBA sebagai pembimbing dan seluruh mahasiswa semester 2.

Sejarah berdirinya pondok pesantren Lirboyo Kediri , Lirboyo, awalnya adalah nama sebuah desa terpencil yang terletak di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Dahulu desa ini merupakan sarang penyamun dan perampok, hingga pada suatu ketika, atas prakarsa Kyai Sholeh, seorang yang alim dari Desa Banjarmelati yang kemudian dirintis salah satu menantunya yang bernama KH. Abdul Karim, asal Magelang, Jawa Tengah mendirikan pesantre, pondok pesantren Lirboyo ini sudah ada sejak tahun 1910 M.

Di Lirboyo sendiri ada sebuah thakhassur masalah yang mana metode dalam mencari masalah-masalah dalam fiqih, pondok pesantren Lirboyo sangat melestarikan budaya atau sistem musyawarah, dengan pengajian kitab-kitab turos ( kitab kuning ), selain metode thakhassur ada juga metode seperti metode simaah yang mana satu guru aktif mengkaji kitab dan murid atau santri memperhatikan apa yang dipaparkan oleh kyai atau ustadz, dan ada juga metode sorogan yang mana metode ini berpusat pada santri yang mana santri tersebut harus aktif dalam mengkaji dan menelaah kitab yang mana dibimbing oleh satu ustadz atau kyai.

Pondok Lirboyo sendiri terdiri dari pondok induk, pondok unit, dan pondok cabang kalo untuk kurikulum pondok induk itu tetap terfokus pada pembelajaran kitap kuning sedangkan pondok unit itu bebas kurikulum nya tetapi tetap melaporkan ke pondok induk setiap sebulan sekali, ada pun cabang dari pondok pesantren Lirboyo ada yang berada di Jambi dan juga Kalimantan, adapun untuk tingkatan kelas di pondok pesantren Lirboyo pertama itu ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, Ma’had Ali.

Penulis: Ardiman Fadhil

Editor: Ahmad Kali Akbar, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *