Studi Pengayaan Lapangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Pondok Modern Ummul Quro al-Islami

Studi Pengayaan Lapangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Pondok Modern Ummul Quro al-Islami

Ahad, 8 Sepember 2019, Pondok Pesantren Modern Ummul Quro al-Islami (UQI) menjadi salah satu objek tujuan program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor untuk memperluas wawasan keilmuan. Banyak sekali hal yang bisa didapatkan dari pondok tersebut terutama dalam hal penggabungan tiga kurikulum sekaligus; yaitu kitab kuning, nasional, dan juga KMI.

Di sana, mahasiswi PBA disambut dengan sangat baik oleh mahasiswi  IUQI sekaligus santri PM UQI. Setelah penyambutan selesai kami mengikuti  perkumpulan tentang pemaparan singkat profil pondok modern UQI dan juga sejarah berdirinya institut UQI sendiri. Dari pemaparan tersebut, kami mendapatkan ilmu yang sangan bermanfaat dimana kami bisa mengetahui bahwasanya mengabdi dan taat kepada guru serta  keikhlasan niat untuk pesantren merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang. Seperti halnya UQI.

Pesantren ini berdiri dan terus berkembang dengan pesat hingga menjadi pondok pesantren yang besar dan terdapat pula institut yang berdiri didalamnya. Hal tersebut dikarenakan adanya keikhlasan dan rasa mengabdi yang penuh dari bapak pimpinan dulu saat beliau masih dalam tahap menimba ilmu.

“Dahulu, setelah pak kyai mengabdi di al-Amien Madura, beliau langsung pergi ke Jakarta dan mengabdi beberapa tahun di pondok pesantren Darur Rahman, Jakarta. Hingga akhirnya karena keikhlasan serta kesabaran yang beliau punya beliau diamanahkan oleh banyak orang untuk mendirikan pondok sendiri”. Tutur salah satu perwakilan bapak pimpinan Pondok Pesantren UQI.

Pondok pesantren UQI ini berdiri pada tahun 1994. Santrinya saat ini sekitar 4.150.000-an santri dan telah meluluskan alumni sekitar 5000 alumni. Selain itu, institut UQI juga mengalami perkembangan yang pesat meski baru 3 tahun didirikan. Dari tahun pertama hingga tahun ketiga mahasiswa dan mahasiswi yang mendaftar di institut ini semakin meningkat. Institut UQI telah memiliki tiga fakultas dan enam program studi, dan yang akan didirikan kembali fakultas dan prodi lainnya sesuai dengan kebutuhan. (Fidela Devi Y, Ummu Salamah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *