Ujian Materi Kompetensi Dasar Umum (MKDU) Mahasiswa PBA Kampus Siman

Ujian Materi Kompetensi Dasar Umum (MKDU) Mahasiswa PBA Kampus Siman

UNIDA Gontor – Pagi ini seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Semester 7 kampus Siman sibuk mempersiapkan diri guna menghadapi ujian materi kompetensi dasar umum (MKDU), pada jum’at (11/10/19) di gedung terpadu UNIDA Gontor.

Landasan pelaksanaan ujian ini sesuai dengan SK Dekan Fakultas Tarbiyah mengenai ujian kompetensi No. 1139/UNIDA-FT/D-a/VIII/1437 Pasal 27 & 28 tertulis dengan jelas dalam buku pedoman akademik fakultas tarbiyah bahwa ujian kompetensi termasuk salah satu administrasi akademik yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa yang sudah berada di semester 7.

Kali ini pelaksanaan ujian MKDU Prodi PBA dan PAI berlangsung secara bersamaan mengingat masih dalam satu naungan yakni Fakultas Tarbiyah juga pertimbangan waktu yang tidak kalah penting. Hanya saja tempat dan pengujinya berbeda. Untuk prodi PBA pelaksanaan ujian berada di ruang kantor Prodi dengan penguji yakni Al-Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, M.A dan Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd. sedangkan Prodi PAI pelaksanaannya berada di ruang Fakultas Tarbiyah dengan penguji yakni Al-Ustadz Dr. Imam Bahroni, M.A., M.L.Sc dan Al-Ustadz Moh. Alwi Yusron, M.A

Ujian MKDU sendiri adalah ujian kompetensi mahasiswa PBA yang mana materinya adalah materi-materi kompetensi dasar fakultas tarbiyah UNIDA Gontor. Dalam ujian ini cakupan materi meliputi dunia islamisasi/studi keislaman (Dirasah Islamiah).

Beberapa materi yang diujikan adalah : Akidah Tauhid, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Fiqih, Ushul Fiqh, Sejarah Peradaban Islam, dan Ilmu Kalam. Sebagai syarat mahasiswa yang berhak untuk mengikuti ujian MKDU harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya : sudah duduk disemester 7, dan sudah memenuhi minimal 130 SKS untuk mahasiswa PBA.

Tentu saja mahasiswa yang berhak untuk mengikuti ujian MKDU adalah mahasiswa yang telah lulus materi kompetensi dasar tersebut diatas dengan dibuktikan oleh Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah ditanda tangani oleh Ka. Prodi, kemudian untuk prosedur teknis pelaksanaan diatur dalam SOP Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor.

Manakala bersandar pada tujuan pendidikan nasional, maka keluaran/ lulusan (out put) perguruan tinggi (sarjana atau lulusan lainnya) diharapkan menjadi pemeluk agama yang beriman dan bertaqwa, berwarga negara yang sadar dan berdisiplin, beranggota keluarga yang sakinah, individu yang mampu mengembangkan diri dan membangun lingkungan hidupnya, baik lingkungan sosial, lingkungan budaya maupun lingkungan alamiah.

Tujuan MKDU sendiri ialah untuk mengimplikasikan kepada penyampaian program perkuliahannya melalui jalinan berimbang antara pemberian pengetahuan/pemahaman, pembinaan keterampilan intelektual/sosial, dan penghayatan diri/pembinaan pilihan-pilihan nilai. Oleh karenanya, sistem penilaiannya pun mencakup jalinan berimbang antara perolehan pengetahuan/pemahaman, tingkat keterampilan intelektual/sosial, dan pertimbangan/pengamalan nilai.

Tentu saja hal ini sejalan dengan Visi UNIDA Gontor yakni menjadi Universitas bermutu dan berarti yang bersistem pesantren sebagai pusat pengembangan Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan bahasa Al-Qur’an untuk kesejahteraan umat manusia.

Sekaligus menjadi tolak ukur akan capaian pembelajaran pada kurikulum yang diterapkan di UNIDA Gontor berhasil, dengan bukti mampu mengaplikasikan bidang keilmuannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni pada bidangnya dalam penyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang ada, ini tertera jelas dalam buku Panduan Universitas yang dimiliki oleh mahasiswa. [Syahrul Anwar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *