Ujian Skripsi: Akhir Prosesi Akademik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Sebelum Wisuda

Ujian Skripsi: Akhir Prosesi Akademik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Sebelum Wisuda

UNIDA Gontor – Ujian skripsi mahasiswa adalah sebuah proses yang harus dilalui oleh mahasiswa sebelum mereka mendapatkan gelar akademik dari perguruan tinggi yang ditempatinya. Sebagai proses akademik terakhir, skripsi mendapatkan porsi yang lebih tinggi dari kegiatan akademik lainnya dari segi persiapan, mulai dari bimbingan penyusunan proposal skripsi, SPS, ujian komprehensif, hingga ujian skripsi. Proses-proses ini harus dilalui oleh mahasiswa apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam skripsi yang ditulisnya.

Pada tahun akademik ini, Fakultas Tarbiyah dengan dua prodinya telah membuka dan melaksanakan ujian skripsi mahasiwanya secara bertahap. Di awali dengan ujian perdana mahasiswa Prodi PBA semester 8 yaitu Anhar pada akhir bulan Januari tahun ini, Fakultas Tarbiyah terus melaksanakan ujian skripsi hingga saat ini. Tercatat ada sekitar 40 mahasiswa dan mahasiswi sudah melakukan ujian skripsi untuk wisuda tahun 2018. Pencapaian ini sudah mendekati 35% dari total mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang berjumlah lebih dari 120 mahasiswa dan mahasiswi.

Pendaftaran ujian skripsi bagi mahasiwa dan mahasiswi sudah ditutup sejak tanggal 6 Mei 2018 lalu dengan maksud untuk memberi batasan kuota ujian skripsi dan melejitkan semangat mahasiswa untuk berjuang melawan batas waktu yang telah ditentukan. Jumlah pendaftar ujian skripsi sampai pada batas waktu telah mencapai 90 orang mahasiswa calon wisudawan tahun ajaran ini.

Proses ujian skripsi yang melibatkan lebih dari 30 dosen penguji tersebut masih akan berjalan sampai kurang lebih dua minggu kedepan. Ujian skripsi menggunakan lebih dari dua ruangan untuk pelaksanaan ujian tersebut. “ Ujian ini adalah proses pembentukan mental mahasiswa dalam mempertanggungjawabkan apa yang sudah mereka tulis dan persiapkan “ kata Dr. H. Imam Bahroni, M.A.,M.L.Sc. Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor saat diwawancarai setelah melaksanakan ujian skripsi mahasiswi Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *