Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru Akademik 2020 – 2021

Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru Akademik 2020 – 2021

UNIDA Gontor – Seperti biasanya UNIDA Gontor mengadakan upacara pembukaan tahun ajaran baru setiap semesternya. Pada tahun ini, tahun ajaran baru 2020-2021 diadakan tepat pada tanggal 23 Juni 2020, Siman, Ponorogo.

Dalam upacara pembukaan tahun ajaran baru ini ada beberapa arahan dari Rektor UNIDA Gontor Al Ustadz Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A yang perlu diperhatikan seluruh mahasiswa UNIDA Gontor, yaitu tentang protokol kesehatan dan himbauan kepada seluruh mahasiswa UNIDA Gontor untuk menaati protokol yang sudah ada, sehingga kita harus menjaga diri kita sendiri dengan lebih baik.

Kemudian beliau juga berharap agar seluruh kamar mandi direnovasi sesuai dengan protokol kesehatan, oleh karena itu para panitia sudah mengatur sedemikian rupa agar protokol kesehatan terlaksana di UNIDA Gontor mulai dari etika makan, etika keluar asrama, etika beribadah, dan etika berinteraksi sesama mahasiswa. “Ini adalah usaha kita bersama demi mencegah penyebaran virus corona,” ujar beliau.

Lalu dilanjutkan taujihat dari Bapak Wakil Rektor UNIDA Gontor, Al Ustadz Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.Ed, M.Phil, beliau berkata, “Mengenai wabah covid-19 yang menimpa seluruh dunia ini sudah pernah terjadi hal yang serupa pada tahun 1820 dan 1920, ini bukan hanya rekayasa manusia saja tetapi Allah juga sedang menentukan takdir-Nya kepada seluruh umat manusia. Implikasinya banyak sekali negara-negara di Eropa yang tiba-tiba suka dan senang mendengar adzan dan melihat orang muslim sholat, bahwasannya mereka sadar bahwa selama ini mereka tidak dekat dengan tuhan.”

“Dari sekian banyak analisis mengatakan bahwasanya virus corona ini virus yang tidak bisa di kontrol. Mestinya hidup di udara yang dingin dan mati di udara yang panas akan tetapi virus ini mampu hidup di udara yang dingin dan panas. Disini ada rekayasa yang sangatlah susah yang berarti adanya rekayasa yang tak terlihat yaitu Allah, maka ini semuanya adalah cobaan bagi kita semua dan yang penting kita catat bagi kita orang muslim, bahwasanya dari sekian banyak orang takut dengan sesuatu yang tak terlihat. Kita ini sebagai seorang muslim sudah takut kepada Allah yang mana Allah ini tidak bisa terlihat oleh kita. Ini adalah pelajaran bagi kita semua janganlah melakukan suatu maksiat dengan keyakinan tidak ada orang yang melihat, tetapi kita harus menyadari bahwa virus ini adalah virus yang menyadarkan kepada kita dalam berbagai hal,” tambah beliau.

Kemudian beliau menambahkan arahan tentang kebersihan, bahwasanya kita harus selalu bersih, cuci tangan dan cuci muka, sedangkan kita disini selalu melakukan hal itu setiap hari dengan cara berwudhu. Itulah kita sebagai seorang muslim yang harus menaati syariah. Dengan hidup sesuai syariah pasti hidup sehat, serta beliau menambahkan agar kita semua pada tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Kemudian diakhir acara ditutup dengan doa bersama secara khidmat oleh Al Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, M. A.


Reporter: Hasan al-Mubarok Sidiq, Mahasiswa PBA UNIDA Gontor

Editor: Riza Nurlaila, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *