Bagaimana Proses Wawancara Beasiswa Bank Indonesia? Berikut Pengalaman Mahasiswi PBA UNIDA Gontor

Bagaimana Proses Wawancara Beasiswa Bank Indonesia? Berikut Pengalaman Mahasiswi PBA UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Tepat pada tanggal 21-22 April 2020, sebanyak 80 mahasiswa/mahasiswi Universitas Darussalam Gontor melakukan wawancara bersama pihak Bank Indonesia (BI). Salah satu peserta calon penerima beasiswa Bank Indonesia tersebut adalah mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Pelaksanaan wawancara beasiswa dilakukan selama dua hari melalui salah satu aplikasi internet. Dalam satu hari ada empat sampai lima rounde atau kelompok. Satu kelompok terdiri dari empat sampai lima orang. Berbagai pertanyaan diajukan oleh pihak Bank Indonesia, seperti : Apa Motivasi kamu mengikuti beasiswa ini? Apa yang kamu ketahui tentang Bank Indonesia? Apa Itu Genbi? Sebutkan kekurangan dan kelebihan dalam diri kamu? Prestasi Apa saja yang sudah kamu raih? dan apa hal besar menurutmu yang menjadi kesuksesan dalam hidupmu?

Ada pepatah mengatakan bahwa “experience is the best teacher“. Pengalaman adalah hal termahal dan merupakan guru terbaik dalam perjalanan hidup. Mengapa demikian? karena dari pengalaman, seseorang bisa mendapatkan pelajaran untuk kehidupan, yang awalnya tidak tau menjadi tau. Wawancara beasiswa ini merupakan wawancara perdana bagi mahasiswa/mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor. Banyak orang bilang “Banyak jalan menuju Roma” dalam artian, bahwa banyak jalan untuk mencapai satu cita-cita dan harapan. akan tetapi, menggapai suatu harapan terasa kurang afdhal jika hanya dengan doa, namun juga harus diiringi dengan usaha.

Beasiswa Bank Indonesia membuka pintu masa depan dan kesempatan emas bagi para pemuda yang siap untuk memberikan energi baru untuk negeri. Generasi baru Indonesia atau genbi adalah salah satu bentuk kontribusi Bank Indonesia untuk negri. Bank indonesia membuat Generasi Baru Indonesia atau genbi ini untuk menciptakan generasi pemuda yang kreatif, inovatif, dan siap untuk berdaya saing di era global.

Generasi baru Indonesia atau genbi merupakan komunitas para mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa Bank Indonesia. Melalui komunitas ini, para penerima beasiswa tidak hanya diberikan materi oleh pihak bank Indonesia, namun berbagai kegiatan pun diadakan dan melibatkan masyarakat di dalamnya, seperti leadership camp. Dari berbagai kegiatan yang diadakan ini, para peserta komunitas genbi diharapkan dan diarahkan menjadi “agent of change” bagi masyarakat, dan menjadi garda terdepan yak kelak siap memimpin indonesia dimasa yang akan datang “feature leaders” karena tujuan beasiswa ini diberikan adalah untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, dan memotivasi generasi muda kalangan tidak mampu dan berpartisipasi untuk menyelesaikan pendidikan tinggi, serta untuk meningkatkan prestasi dalam menghasilkan SDM yang mandiri dan produktif.

“Jadilah manusia! kuat iman, kaya ilmu, kaya jasa dan kaya harta. Semoga dirimu sama dengan seribu orang bahkan sejuta”. kesuksesan terbesar dalam hidup adalah ketika kita bisa menjadi seseorang yang bermanfaat bagi banyak umat, karena sebaik-baik manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. jangan takut akan menjadi miskin, ketika kamu masih mempunyai satu harapan dan cita-cita untuk masa depan, disitu Allah akan memberikan jalan dan kemudahan. karena Rezeki yang Allah sebarkan dimuka bumiNya ini, sangatlah Luas. tawakal, ikhtiar, usaha dan doa serta percaya (yakin) kepadaNya (Allah) adalah kunci terbesar dalam menggapai suatu harapan dan kesuksesan dalam hidup. “never give up, just learn the way, than you will find your own way”. dekati Ia yang maha kuasa, maka Ia yang maha kuasa akan mendekatkan semuanya.


Reporter: May Lita; Mahasiswi PBA UNIDA Gontor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *