Workshop Penulisan Karya Ilmiah, Asah Keterampilan dan Kecakapan Mahasiswa

Workshop Penulisan Karya Ilmiah, Asah Keterampilan dan Kecakapan Mahasiswa

Oleh: Fajar Nur Syah Alam (Mahasiswa PBA Semester 5)

UNIDA Gontor –  Menulis karya ilmiah merupakan hal yang masih tabu untuk dibiasakan di masyarakat. Bagi mahasiswa, pelatihan menulis karya ilmiah dibutuhkan sebagai latihan dari penulisan tugas akhir. Namun terkadang, penulisan karya ilmiah dianggap sebagai hal yang sulit, sehingga menjadi beban dalam berbagai hal. Penguasaan penulisan karya ilmiah yang terlatih akan mempengaruhi kualitas pendidik tersebut maupun lembaga yang dikelolanya atau lembaga di mana mahasiwa tersebut mengabdikan dirinya.

Tepat pada tanggal 7 Oktober 2020 Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darusslam Gontor mengadakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk mahasiswa PBA semester 5. Workshop ini diadakan sebagai bekal mahasiswa semester 5 dalam penulisan tugas akhir, yaitu skripsi. Juga sebagai pengenalan secara mendalam mengenai penulisan karya ilmiah seperti artikel, jurnal, paper, dan lain sebagainya. Agenda ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PBA semester 5 dan beberapa dosen dari PBA. Pada pukul 13.45 WIB di Ruangan kelas 325 Gedung Terpadu Universitas Darussalam Gontor, acara ini dimulai.

Mahasiswa PBA Semester 5 tengah menulis karya ilmiah

Sebagai pemateri, Al-Ustadz Yokesuryadarma, M.Pd menyampaikan sambutannya sebagai kalimat pembuka, “Pentingnya menulis karya tulis ilmiah adalah melestarikan penelitian agar terus berkembang seiring berjalannya waktu. Pengetahuan dasar terhadap karya tulis akan banyak membantumu menghadapi tugas-tugas sebagai mahasiswa. Pada semester 7 nanti, pemahamanmu akan proses penelitian ini dituangkan dalam penulisan skripsi. Maka dari itu, perlunya keahlian dalam bidang kepenulisan karya ilmiah karena ke depannya dapat membantu kalian dalam menulis skripsi, tesis maupun disertasi.”

Setelah penyambutan dari pemateri, acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang karya ilmiah. Di dalamnya dibahas  apa yang dimaksud dengan karya ilmiah atau karya tulis. Karya ilmiah adalah sebuah tulisan ilmiah seorang peneliti atau beberapa dari hasil riset pada bidang keilmuan tertentu. Misalnya dalam bidang kedokteran, seorang peneliti meriset mengenai perkembangan penyakit tertentu pada suatu masa. Hasil riset tersebut ditulis dalam bentuk laporan ilmiah dan dipublikasikan. Itulah yang disebut dengan karya tulis ilmiah. Dalam bidang sosial, misalnya seorang peneliti meriset mengenai nilai-nilai budaya tertentu. Hasilnya dituangkan dalam bentuk laporan tertulis. Maka itu juga disebut sebagai karya tulis ilmiah.

Acara yang dimulai pada pukul 13.45 WIB sampai 15.50 WIB tersebut berajalan dengan antusias dan penuh semangat. Banyak mahasiswa yang merasa tertarik dan terkesan selama mengikuti workshop kepenulisan karya ilmiah ini. Di penghujung acara, pemateri memberikan tugas terkait workshop ini sebagai follow up keaktifan dan pemahaman mahasiswa. Yaitu mahasiswa diminta untuk menulis latar belakang dengan ide dan pemikirannya sendiri. Setelah itu salah satu mahasiswa membacakan hasil pembuatan latar belakang penelitiannya.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dibacakan oleh Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *