Alam Dan Proses Pembentukan Soft Skill Mahasiswi PBA UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Untuk pertama kalinya program studi Pendidikan Bahasa Arab mengadakan Arabic Wonderland untuk mahasiswi semester 2 pada hari Jum’at, 11 Januari 2019. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswi PBA dan beberapa mahasiswi PBA Pascasarjana sebagai pembimbing pelaksanaan acara Arabic Wonderland. Acara ini merupakan perpaduan antara olahraga dan beberapa permainan ketangkasan serta kuis yang berkaitan dengan bahasa Arab sebagai wadah untuk me-refresh kembali materi bahasa di kelas. Adapun tujuan dari acara ini adalah terbentuknya ukhuwah Islamiyah antar mahasiswi dan tumbuhnya semangat belajar bahasa Arab dalam suasana yang lebih terbuka dan bebas.

Acara ini berlangsung dari pagi hingga siang hari, diawali dengan diskusi ilmiah tentang sejarah peradaban Islam dan bahasa Arab bersama dengan Ustadzah Haniatul Mabrurah, M.Pd. dan Ustadzah Astuti Syifaurahmah, M.Pd. Dalam kegiatan ini, disampaikan pandangan tentang peranan bahasa Arab dalam perkembangan peradaban Islam pada masa dahulu hingga sekarang. Acara ini bertujuan untuk membekali mahasiswi pengetahuan dasar akan pentingnya bahasa Arab bagi perkembangan peradaban manusia.

Kegiatan Arabic Wonderland mahasiswi semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Kemudian, acara dilanjutkan dengan olahraga bersama, kuis dan permainan ketangkasan yang diikuti seluruh mahasiswi PBA yang berjumlah 32 orang.  Antusias dan semangat mahasiswi sangatlah tinggi. Sebagai moment yang memberikan pengalaman baru bagi mahasiswi untuk lebih dekat dengan alam sebagai sarana untuk mentadaburi keagungan Allah SWT, acara ini dilaksanakan di tempat wisata Sekipan Tawangmangu. Mahasiswi diajak untuk melakukan rutinitas ubudiyah di alam terbuka seperti sholat berjamaah, menghafal Al Qur’an, Tahsin Qiro’ah, Kajian Keislaman dan pengembangan bahasa Arab.

Berkaitan dengan pelaksanaan acara ini, Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH – Pengasuh Mahasiswi UNIDA Gontor- menyampaikan,”Apabila acara pengembangan diri ini berlangsung sukses, maka ini bisa jadi kegiatan tahunan Prodi PBA.” Beliau juga mengharapkan acara seperti Arabic Wonderland ini juga menjadi wadah untuk melatih soft skill mahasiswi, latihan kepemimpinan, dan organisasi. [Haniatul Mabruroh]

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru