Amanat Besar yang Membawa Kemudahan Wisuda 3,5 Tahun

Dapat wisuda 3,5 tahun sudah saya niatkan dari awal mula saya masuk di UNIDA. Saya selalu beroptimis bahwa kelak dapat wisuda cepat. Tetapi, jika mendengar kata kata skripsi sepertinya sangatlah menakutkan. Jika mendengar dari cerita kakak-kakak tingkat, berakhirnya masa semester 6 sangatlah membuat perasaan tidak tenang. Karena kedepannya saya akan melalui yang namanya skripsi. Di akhir semester 6, sudah banyak tugas mata kuliah yang bersangkutan dengan skripsi yang akan kita tulis kedepannya, juga pengajuan judul skripsi oleh prodi yang sudah mulai dibuka.

Ketua KA, amanah adziim yang membawa kemudahan

Ketika itu, saya mendapatkan amanah baru sebagai ketua apel tahunan UNIDA Kampus Putri, yang sebelumnya tidak pernah saya sangka bahwa saya bisa terpilih sebagai ketua acara tersebut. Setelah mendapatkan amanah tersebut, sempat terlintas di pikiran bahwa saya tidak akan mungkin dapat wisuda 3,5 tahun dengan memegang kepanitiaan sebesar itu. Berawal dari pengajuan judul yang sempat ditolak berkali kali, hampir membuat saya putus asa. Tetapi saya tidak menyerah begitu saja, atas dorongan dari teman-teman PBA lainnya dan motivasi dari dosen-dosen PBA. Akhirnya saya terus berjuang untuk menulis kembali proposal pengajuan judul skripsi. Syukur alhamdulillah, judul skripsi yang saya buat akhirnya diterima oleh prodi meskipun sudah termasuk putaran akhir yang baru diterima. Tetapi itu semua, bukanlah penentu selesai skripsi dengan cepat.

Di awal semester 7, keinginan untuk wisuda 3,5 tahun terus tumbuh kembali. Seiring dengan dorongan dari Ka Prodi kita al-Ustadz Muhammad Wahyudi. M.Pd yang selalu mensuport untuk dapat menyelesaikan skripsi dengan cepat.  Meskipun, ketika itu sudah diawali dengan persiapan apel tahunan yang belum menentu tanggalnya. Untuk menyelesaikan skripsi dengan cepat, tidak akan kita dapatkan secara langsung dengan hanya perjuangan kita, melainkan diiringi dengan do’a dan niat tulus kepada Allah dan juga do’a dari orang tua kita dan orang sekitar kita. Jika segala sesuatu kita niatkan Lillah insha Allah, segalanya akan dimudahkan.

Manajemen waktu yang baik membantu merealisasikan tujuan

Dokumentasi sidang skripsi Fidela Devi Yolanda, S.Pd

Hari hari terus berlalu, sidang proposal skripsi sudah mulai berjalan di awal semester 7. Disamping itu, saya terus berusaha untuk dapat menyelesaikan proposal agar dapat segera melaksanakan SPS disamping adanya persiapan apel tahunan yang rencananya akan diadakan di awal tahun. Setiap harinya, saya selalu menyisihkan waktu untuk menulis skripsi meskipun hanya membaca referensi dan tidak menambah sedikitpun. Karena pembagian waktu dengan baik akan memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas dengan maksimal. Dengan itu, akhirnya saya dapat SPS yang bersamaan dengan acara tasyakuran kepanitian kuliah umum.

Karena pembagian waktu dengan baik akan memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas dengan maksimal

Fidela Devi Yolanda, S.Pd

Perjuangan tak usai disitu, di akhir tahun kami dikagetkan dengan adanya maklumat mengenai adanya apel tahunan di akhir tahun untuk UNIDA Kampus Putri yang harusnya acara tersebut diadakan di awal tahun. Pada akhirnya, kepanitiaanpun berjalan kembali di akhir tahun. Rasa bimbang sudah mulai tumbuh akankah saya dapat menyelesaikan skripsi dengan kepanitiaan yang masih berlangsung di akhir tahun? Tetapi saya masih tetap optimis, bahwa saya dapat wisuda 3,5 tahun disamping mengemban amanah adziim ini.

Keikhlasan dalam perjuangan melimpahkan banyak pertolongan

Menumbuhkan semangat dari kawan kawan semester 8 dalam kepanitiaan akhir tahun tidaklah mudah, disamping adanya penulisan tugas akhir atau skripsi yang harus segera diselesaikan karena sudah memasuki akhir tahun. Terkadang, banyak yang belum sadar akan kepanitiaan ini dan mengabaikannya dengan alasan menyelesaikan tugas akhir. Di samping itu, pembimbing kami apel tahunan al-ustadzah Siti Nikmatul Rohmah, M. Pd, selalu memberi dorongan pada kami bertiga (Ketua Panitia) agar mulai menumbuhkan keikhlasan dalam mengemban amanah ini.

ان تنصرالمعهد ينصرك

Kata kata ini teruslah disampaikan oleh pembimbing-pembimbing kami untuk menyemangati dalam kepanitiaan. Amanah tidaklah dapat jadi alasan hambatan dalam penyelesaian tugas akhir. Bahkan amanah tersebut, dapat menjadi wasilah kita untuk mendekatkan diri pada Allah. Jika semuanya sudah diniatkan untuk Allah, maka pertolonganlah yang akan datang pada kita. Hal itulah, yang saya rasakan secara tidak langsung. Dengan izin Allah, saya dapat menyelesaikan skripsi dengan cepat disamping amanah yang sudah diberikan oleh pondok kepada saya.

Kiat kiat untuk menyelesaikan skripsi dengan cepat

  1. Niatkan keinginan kita lillah
  2. Mintalah do’a kepada orang tua kita dan orang sekitar kita
  3. Manajemen waktu yang baik, yaitu dengan menyisihkan waktu setiap hari untuk menulis skripsi
  4. Rajin menemui dosen pembimbing
  5. Tidak malu bertanya mengenai skripsi yang dirasa bingung kepada dosen dosen maupun senior
  6. Mencari tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi

Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing saya al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd dengan bimbingan beliau saya mampu menuntaskan tugas akhir ini sehingga mampu menjadi karya tulis ilmiah yang berkualitas.

Au: Fidela Devi Yolanda, S.Pd, Ed: Intan Fasya Zahara, S.Pd, Rev: Muhammad Wahyudi, M.Pd

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru