Dauroh Quantum Al-Qur’an, Hidupkan Generasi Qur’aniy

UNIDA Gontor Mantingan – Sabtu, 30 Januari 2021, Dekan Kulliyatul Banat al-Ustadz Nur Hadi Ihsan, MIRKH., Universitas Darussalam Gontor membuka Dauroh Quantum Al-Qur’an di tengah Gedung Laboratium Ilmu Kesehatan yang dihadiri oleh 40 peserta Quantum Al-Qur’an, dari berbagai prodi, diantaranya delapan orang dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Dalam sambutan bapak Dekan beliau memberikan beberapa nasehat, diantaranya, “Kita hidup berinteraksi dengan al-Qur’an secara intens. Berawal dari al-Qur’an, berpegang teguh dengan al-Qur’an berwawasan dengan al-Qur’an dan berakhlak dengan al-Qur’an menuju sebuah kebahagiaan dunia dan akhirat.”

جُهْدٌ، جِهَادٌ، وَمُجاَهَدَةٌ

Dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh ketua Markaz Al-Qur’an UNIDA Gontor. Al-Ustadz Muhammad Shohibul Mujtaba, M.Ag., yaitu:

Sejauh mana kita mencintai al-Qur’an?

Kalau orang cinta dengan seseorang pasti cinta dengan kata-katanya. Begitupun dengan al-Qur’an. Kalau orang mencintainya, ia akan membacanya, mentadaburinya, menghafalkannya bahkan akan mendakwahkannya dalam kehidupan.

Pesan untuk anak muda,

ياً يَحْياَ خُذِ الكِتاَبَ بِالقُوَّةِ

Meskipun kalimat tersebut pesan dari Nabi Zakaria kepada Nabi Zahya, namun dapat diambil kesimpulan bahwa pesan tersebut untuk semua umat. Yang dimaksud al-kitab adalah Taurat bisa juga diartikan sebagai al-Qur’an.

Pelajarilah al-Qur’an dengan kuat, yaitu dengan berguru kepada seseorang yang sudah memiliki sanad, dan dinyatakan mumtaz dalam qiro’ah dari orang yang sudah mendapatkan sanad.

Hal –hal yang perlu diperhatikan dalam membaca al-Qur’an

-Jangan salah dalam membaca makharijul huruf karena dapat mengubah makna kalimat.
-Jangan salah dalam melafadzkan panjang pendek suatu bacaan.
-Jangan sembarangan waqof (berhenti) dalam membaca al-Qur’an.

Setelah diberikan beberapa nasehat, acara ditutup dengan dilanjutkannya tahsinul Qiro’ah, yang dipantau langsung oleh al-Ustadz Muhammad Shohibuql Mujtaba M.Ag., beserta kedua stafnya.


(Nur Fera Khalifah & Neni Naqiyyah/PBA4)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru