Keutamaan Membaca Surat Yasin Pada Malam Jumat

Di tengah aktifitas kita sehari-hari, janganlah kita sampai melupakan kebutuhan rohani kita, karena kebutuhan rohaniah adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam hidup kita ini untuk mempersiapkan kehidupan kita kelak di akhirat yang lebih kekal nantinya. Dalam kegiatan sehari-hari biasanya kita membaca al-Qur’an selepas sholat Maghrib dan melakukan amalan-amalan dzikir atau membaca suart-surat pendek lainnya. Hal ini sebagai salah satu ibadah kita dan bukti ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Namun, seperti yang banyak kita ketahui bahwa terdapat satu malam di mana manusia sering dan rutin mengamalkan membawa surat Yasin dan tahlil, yaitu pada malam jum’at. Mengapa demikian?

Mengapa rutinitas dzikir tersebut tidak dilaksanakan pada malam hari-hari yang lain? Hal ini dikarenakan hari Jumat adalah hari yang istimewa dalam Islam di antara hari lainnya.

Surat Yasin merupakan  surat ke-36 dalam al-Qur’an yang diturunkan di kota Mekkah. Surat Yasin ini memiliki khasiat sesuai niat pembacanya. Biasanya dalam masyarakat digunakan untuk mendoakan orang yang sudah tiada/meninggal dan menghantarkan orang yang sedang dalam sakaratul maut. Namun surat ini memiliki manfaat yang lebih luas dari hal tersebut.

Adapun Keutamaan membaca Surat Yasin antara lain yaitu:

1. Diampuni dosa-dosa

Fadhilah surat yasin yang pertama dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

2. Terhindar dari siksa kubur

Siksa kubur sangatlah pedih dan kita sebagai seorang muslim berusaha untuk memohon ampunan atas segala dosa dosa kita di dunia ini, untuk itu salah satu cara terhinndar dari siksa kubur adalah dengan membaca dan mengamalkan surat Yasin yang in sya Allah memiliki khasiat dan keistimewaan didalamnya bagi orang-orang yang mau membaca dan mengamalkannya.

3. Mendapatkan ketenangan hati

Tidak ada yang ingin manusia capai melainkan ketenangan hati. Sebagai seorang muslin tentu banyak cara dalam membuat ketenanagan hati dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, salah satunya dengan membaca al-Qur’an dan juga surat Yasin ini.

4. Meningkatkan keimanan

Dalam rangka meningkatkan keimanan banyak cara ibadah yang dapat kita lakukan, salah satunya mengamalkan dengan membaca surat yasin tersebut khusunya pada malam Jum’at.

5. Segala hajat dikabulkan

Manusia pasti memiliki hajat yang berhadap dikabulkan oleh Allah SWT, maka salah satunya adalah dengan ikhtiar kita membaca surat yasin dan berdoa agar dimudahkan dan dikabulkan hajat kita tersebut.

6. Membantu pengampunan agar diterima Allah Ta’ala

“Barang siapa yang membaca surah yasin untuk memohon ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-baihagy dalam sy’abil iman serta mu’qil bin yasar ra bersama kanzul aumal Juz 112629).

7. Memperoleh pahala berlipat ganda

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwa surat Yasin adalah jantung al-Quran. Dan siapa yang membaca al-Quran akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca al-Quran.

8. Mendapatkan kemuliaan

Membaca surat Yasin yang aman juga terdalam didalam al-Quran mampu mendatangkan kemuliaan bagi pembacanya dan semoga dengan membaca surat ini, Allah SWT memberikan kemuliaan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Dan masih banyak lagi keutamaan membaca surat Yasin ini. Semoga kita diberi kesempatan lebih panjang dalam usia kita untuk dapat mengamalkan dengan membaca surat Yasin tersebut untuk meraih fadilah-fadhilah yang terkandung didalamnya. Allahumma Amin.


Au. Dhika Amalia Kurniawan, S.E., M.M./Ed. Riza N

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru