Mahasiswi PBA Raih Kejuaraan Muharram, Awal yang Baik untuk Rekam Jejak Perjuangan

UNIDA Gontor – Sudah menjadi kegiatan wajib bagi UNIDA Gontor serta civitas akademiknya untuk memperingati tahun baru Islam. Sebagai wujud semarak membumikan Tahun Hijriah dan peringatan bahwa setiap muslim sepatutnya menjadi pribadi yang lebih baik dari hari sebelumnya. Sebagaimana pembukaan tahun baru, Muharram diperingati pada Kamis, 20 Agustus 2020 sekaligus penutupan Ujian Tengah Semester dengan pembacaan do’a bersama Dekan Kuliyyatul Banat, al-Ustadz Nurhadi Ikhsan MIRKH, diselingi beberapa sambutan yang membahas mengenai urgensi setiap muslim untuk bersinergi menjadi yang lebih baik. Usai pembukaan tahun baru Muharram, dalam sepekan seluruh civitas akademika UNIDA Gontor turut meramaikan acara sekaligus perlombaan yang senantiasa diadakan pada setiap pergantian tahun baru.

Tema Perlombaan Muharram: “Menciptakan Mahasiswa Aktif dan Inovatif dalam Menyambut Tahun Baru Hijriah”

Perlombaan Muharram diselenggarakan dalam rangka memacu mahasiswi untuk berkontribusi aktif dalam kegiatan aktif yang diselenggarakan oleh kampus. Tema inti yang diusung dalam perlombaan Muharram tahun ini tak lain ialah ‘Menciptakan Mahasiswa Aktif dan Inovatif dalam Menyambut Tahun Baru Hijriah’. Perlombaan yang disemarakkan dibagi menjadi beberapa cabang antar prodi, rayon maupun individu dengan klasifikasi lomba seperti essay, marawis, LKTI, poster, menyanyi dan ragam lainnya. Sadar maupun tidak perlombaan yang diadakan turut memacu mahasiswa untuk mengembangkan pola fikirnya dan mendorong mahasiswa untuk berkarya meski di tengah pandemi.

Perlombaan yang diadakan dalam kurun waktu sepekan, mendapat apresiasi penuh dari segenap mahasiswa dengan melihat kontribusi aktif peserta dalam perlombaan yang diadakan. Esensi lain dibalik perlombaan Muharram tak lain ialah membiasakan mahasiswa khususnya pribadi seorang muslim untuk senantiasa memiliki tabiat baik. Mampu berdaya saing, mampu memacu diri menjadi lebih baik dalam setiap lembaran baru, serta tidak mematokkan satu keadaan (pandemi) sebagai alasan untuk bermalas-malasan atau berhenti berkarya. Dengan perlombaan yang diadakan, besar harap kampus mampu menumbuhkan motivasi di kalangan mahasiswa untuk berlomba-lomba dalam kebaikan serta semakin mengetahui kapabilitas diri.

Beberapa mahasiswi PBA mampu berdaya saing dan berkontribusi aktif dalam perlombaan yang juga membawa nama baik almamater jurusan

Rabu, 26 Agustus 2020, penutupan Muharram kembali disemarakkan dengan adanya persembahan-persembahan para pemenang juga pengumuman kejuaraan. Dalam sesi ini, syukur alhamdulillah beberapa mahasiswi PBA mampu berdaya saing dan berkontribusi aktif dalam perlombaan yang juga membawa nama baik almamater jurusan. Mereka tak lain ialah: Anggita Hilaul Pikri (PBA/2019) selaku finalis dalam perlombaan LKTI, May Lita Wardiya Ningsih dan Masnunatus Silfiawati (PBA/2018) selaku juara 1 dalam perlombaan Story Telling dalam perlombaannya mereka menceritakan terkait khazanah Islam khususnya kisah Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS yang mampu menarik audience dengan mimik yang dibuat. Juga Intan Fasya Zahara (PBA/2018) juara 1 dalam perlombaan LKTI dengan memprsentasikan karyanya ‘Penerapan Konsep I-IKIGAI (Islamic IKIGAI based on Risalah Nur Perspective) dalam Menyongsong Kehidupan Mahasantri di Tahun Baru Hijriah’ bersama kedua tim yang berasal dari Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir serta Nur An Nissaa yang meraih juara 1 dalam perlombaan Essay dengan karyanya ‘Gerakan 3 G-B (Baru Berkarya) dalam Menyambut Tahun Baru Hijriah 1442 H’.

Beberapa penghargaan yang diraih menjadi batu  loncatan  bagi mahasiswa lain bahwa kemauan yang kuat akan mendorong pada keberhasilan yang sarat. Maka, dalam menyongsong awal yang baru hendaknya setiap dari kita mulai menentukan rancangan keberhasilan jangka pendek maupun jangka panjang. Sebab, merugilah seseorang yang tidak mengetahui tentang dirinya. Wallahu  A’lam bis Showaab.

Penulis: Intan Fasya & Nur An Nissaa, Mahasiswi PBA Semester 5
Editor: Riza Nurlaila

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru