Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dalam Islam

Tak kenal maka tak sayang. Kita yang mengaku sebagai umat Islam maka kita juga memiliki kewajiban untuk lebih mengenal Nabi Muhammad SAW lebih dalam. Dalam Islam Maulid Nabi menjadi momentum yang indah untuk disyukuri sebagai wujud kelahiran Nabi Muhammad SAW. Serta bentuk penghormatan umat Islam terhadap Nabi Muhammad SAW yang telah diutus Allah sebagai rahmat bagi seluruh alam. Berawal dari Maulid Nabi, kita sebagai umatnya bisa mengenal dan memahami nilai-nilai moral dan akhlak terpuji yang patut kita teladani.

Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah simbol terbitnya fajar budi pekerti dan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta keilahian. Maulid Nabi berasal dari kata “Maulid” yang dalam bahasa Arab berarti “Hari Kelahiran”. Hari dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia. Dalam hitungan hari, umat Islam memperingatinya setiap tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun 571 M dalam penanggalan Hijriyah. Tahun ini peringatan Maulid Nabi jatuh pada 19 Oktober 2021. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah acara rutin yang dilaksanakan oleh mayoritas kaum muslimin untuk mengingat, mengahayati dan memuliakan kelahiran Rosulullah. Untuk wilayah Indonesia sendiripun biasanya umat Islam memperingatinya dengan mengadakan pengajian yang berisi sejarah ringkas kehidupan dan perjuangan Rosulullah, melantunkan shalawat kepada Rosulullah dan do’a bersama.

Keberkahan Menjelang Kelahiran Rosulullah

Ketika sayyidah Aminah mengandung Rasulullah SAW, ia berkata: “aku tidak sama sekali merasakan seperti orang yang sedang hamil dan juga tidak merasakan beban saat mengandung sebagaimana wanita pada umumnya”.  Saat sayyidah Aminah mengandung Baginda Nabi, segala tumbuh-tumbuhan di tanah Mekkah menjadi subur setelah beberapa lama keringnya, buah-buahan menjadi nikmat rasanya.

Pada malam menjelang kelahirannya, Siti Asiah dan Sitti Mariam serta beberapa bidadari dari surga ikut hadir. Saat hendak melahirkan Rasulullah SAW, Sayyidah Aminah melihat cahaya yang keluar dari perutnya dan Ia melahirkan Rasulullah SAW dalam keadaan suci dan bersih.

Bukan Bid’ah yang Di Larang

Maulid Nabi ini meski merupakan suatu kebaruan karena dianggap pada zaman dahulu ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup bahkan para sahabatnya tidak ada peringatan Maulid Nabi. Namun Majelis Ulama Indonesia berpendapat bahwa memperingati Maulid Nabi hukumnya bid’ah hasanah, dan bukan bid’ah dhalalah.

Yang dimaksud bid’ah hasanah ialah sesuatu yang tidak dilakukan oleh Nabi maupun para sahabatnya namun perbuatan itu memiliki nilai kebaikan dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan hadist. Argumen ini telah didasari pada dalil Al-Qur’an dan hadist. Dalam surah Yunus ayat 58, disebutkan bahwa umat Islam patut bergembira atas rahmat yang diberikan Allah SWT, termasuk kelahiran Nabi Muhammad. Tidak hanya umat Islam yang merayakan, bahkan Rosulullah juga kerap berpuasa di hari senin sebagai bentuk syukur terhadap kelahiran beliau.

Sebagi umat Nabi Muhammad SAW kita sepatutnya mengambil pelajaran maupun hikmah dari peringatan Maulid ini diantaranya:

1. Bersholawat untuk Rasulullah

Peringatan Maulid Nabi dapat mendorong umat Islam untuk senantiasa menghadirkan dan memperbanyak sholawat pada Rasulullah.

2. Waktu bergembira

Umat Islam sudah semestinya bergembira memperingati Maulid Nabi, yang artinya merayakan kehadiran sosok suri teladan bagi umat Islam.

3. Menumbuhkan kecintaan pada Rasulullah

Maulid Nabi dapat menjadi momentum untuk meneguhkan kembali rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya.

4. Melanjutkan perjuangan Nabi Muhammad SAW

Peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingat kebesaran serta keteladanan Nabi Muhammad, dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan.

Sumber: (https://unusia.ac.id/unusia/maulid-nabi-perspektif-al-quran-dan-sunnah/)

(Nur Fera Khalifah /PBA 5 & Sri Rianti /IQT 5)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru