Menutup Tahun 2020 Dengan Prestasi Gemilang

Tahun 2020 merupakan tahun spesial. Selama 12 bulan terakhir ini seluruh umat manusia merasakan berbagai hal. Berawal dari menjalankan aktivitas keseharian yang terkadang membosankan hingga harus mengalami perubahan pola hidup yang bisa dikatakan begitu mengejutkan karena kehadiran COVID-19. Belum lagi rasa kehilangan yang sudah tak mampu terhitung jumlahnya. Juga proses pendidikan yang harus terombang-ambing karenanya. Namun tujuan utama manusia diciptakan tetaplah harus terlaksana, yaitu untuk beribadah kepada Allah swt. dan menjadi khalifah fi-l-Ardh. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas diri, dan bangkit dari keterpurukan yang menjebak.

Di penghujung tahun 2020 ini, Program studi Ekonomi Islam telah menyelenggarakan lomba yang bertema “Akselerasi Peran Ekonomi Syariah Untuk Menyongsong Indonesia Maju”. Acara ini dimulai pada Ahad, 27 Desember 2020, dan ditutup dengan webinar dan pengumuman pemenang pada Rabu, 30 Desember 2020.

Webinar yang diselenggarakan pada hari rabu tersebut diadakan sebagai penutup acara perlombaan ini, dengan “Ini Riba, Itu bukan Riba” sebagai tema webinar. Terdapat dua pembicara dalam webinar ini yaitu Al-Ustadz Mufti Afif, L.c, M.A. sebagai ketua Program Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor, dan Dr. Oni Sahroni, L.c, M.A. selaku Ahli Fiqh Muamalah dan Keuangan Syariah, dan saudari Mamluatus Sa’diya sebagai moderator di acara tersebut yang merupakan mahasiswi Universitas Darussalam Gontor, juga salah satu anggota GenBi.

Dalam kesempatan kali ini kembali Prodi PBA kampus Putri meraih kejuaraan dalam perlombaan tersebut, diantaranya adalah perlombaan debat yang dengan izin Allah mendapat Juara I, setelah melewati babak semifinal bersama Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Ilmu Qur’an dan Tafsir, dan Hubungan Internasional. Serta berhadapan dengan Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah pada babak Final. Dimana Alma Istiqomah, Helma Autharina, dan Arina Dienana yang ketiganya adalah mahasiswi semester 4 PBA sebagai perwakilan untuk lomba tersebut.

Dan berikutnya adalah perlombaan vlog yang alhamdulillah mendapat juara 3 dengan Ana Sabila, Linda Syariefah, Nazalia Rosadanti, Asa Fadilah, sebagai pemeran didalamnya, dan Septika Bayzura sebagai kameramen, serta Ismi Lathifah sebagai editor yang keseluruhannya adalah mahasiswi semester 4 PBA sebagai perwakilan untuk lomba tersebut.

Roda kehidupan selalu berputar. Jangan pernah melupakan bahwa Allah SWT Maha Adil, setiap individu memiliki porsi kebahagiaan dan kesedihan yang sama hanya waktu dan bagaimana sikap individu itu sendiri yang membedakannya. Karena yang terpenting saat ini dan seterusnya adalah mengetahui diri sendiri. Apabila kamu mengetahui dirimu sendiri, maka kamu tidak akan bangga dan sombong atas pujian, dan tidak akan jatuh serta terpuruk atas tuduhan. من عرف ربّه عرف نفسه

(Andi Hazrah Nurhaliza Ibrahim/Ed. Riza N)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru