Musabaqoh Idul Adha Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Antar Fakultas

UNIDA Gontor – DEMA Gontor Putri 1 telah mengadakan lomba antar fakultas pada hari Ahad, 9 Agustus 2020 yang terdiri dari olah fikir, olah dzikir,  olah raga, dan olah rasa. Lomba ini diadakan demi meningkatnya kreatifitas dan ukhuwah antar mahasiswi di setiap fakultas tanpa terkecuali. Dan alhamdulillah pada tahun ini Fakultas Tarbiyah diberi kesempatan menyandang ‘Juara Umum’ dalam perlombaan ini, seperti Juara I Lomba Brain Out dalam kategori olah fikir, Lomba Mush Up Sholawat dalam kategori olah dzikir, Lomba Kasti dalam kategori olahraga, dan berbagai perlombaan lainnya.

Banyak perjuangan dan pengorbanan yang dilewati dan ini membuktikan bahwasanya persatuan kita sangatlah kokoh karena tanpa bantuan orang lain kita tidak bisa apa-apa. Sebenarnya menang kalah itu hal yang biasa atau bisa kita bilang dengan istilah ‘bonusnya’. Namun yang terpenting dalam hal ini adalah kebersamaannya, saling bahu- membahu, saling bantu-membantu dan saling mengulurkan tangan demi tercapainya tujuan bersam. Jangan sampai salah kiprah, arah dan tujuan karena disini kita dididik untuk bersikap ikhlas dalam mengemban amanah. Sama halnya dengan musabaqoh ini, yang merupakan amanah dari pondok untuk memajukan fakultas kita masing-masing. Dan semua fakultas tentu saja ingin memberikan yang terbaik, termasuk fakultas kita, Fakultas Tarbiyah.

And we have done it, we have proved it, if we can be the best wherever and whenever we are.

Al-Ustadz Ahmad Suharto, M.Pd.I selaku Wakil Pengasuh Gontor Putri Kampus 1 pernah mengatakan bahwasanya ada 3 kunci memiliki mental sang juara :

  1. Memiliki integritas diri dan moral kinerja yang baik
  2. Berjiwa kompetetif
  3. Memperluas literasi (referensi)

لايكلف الله نفسا إلا وسعها

Allah SWT tidak akan memberikan kita cobaan melebihi kemampuan kita. Dalam hal ini berarti kita mampu untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan menjadi pemenang sejati. Karena memang sebenarnya manusia itu sudah ditakdirkan menjadi sang pemenang semenjak dalam rahim seorang ibu ketika sperma membuahi beribu-ribu sel telur, tapi yang jadi hanya satu, yaitu kita ini pertanda bahwasanya memang Allah percaya dengan kita bahwasanya kita mampu dan bisa menjadi sang juara.

فاستبقوا الخيرات

Berlomba-lombalah dalam hal kebaikan” (QS. Al-Baqarah : 148). Sekiranya ayat ini merupakan ayat yang tepat untuk dijadikan motivasi dan acuan dalam berkontribusi dan berperan aktif sebagai mahasiswi, khususnya mahasiswi di Fakultas tarbiyah. Hidup sekali hiduplah yang berarti. Begitu pula sebagai mahasiswi, sekali menjadi mahasiswi, maka jadilah mahasiswi yang berarti. Jangan pernah bosan menjadi orang baik, baik dalam perkataan maupun perbuatan karena itu menunjukan kualitas dirimu yang sesungguhnya, dan teruslah berkarya menginspirasi dunia.

We are ready to inspire the world as a student Tarbiah Faculty of Darussalam University


Oleh : Ayu Aprilia, Mahasiswi PBA  Semester 5

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru