NAPAK TILAS AWAL MULA KMI GONTOR, SPL PBA KUNJUNGI BERBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DI PADANG PANJANG

Pesantren Modern Nurul Ikhlas

Kegiatan SPL Prodi PBA yang bertujuan menambah wawasan dan pengalaman dalam pendidikan, pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab dan Agama Islam telah mengantarkan para peserta ke daerah Padang Panjang di Sumatera Barat yang dikenal merupakan salah satu tempat berkembangnya pendidikan Islam dan bahasa Arab pada masa lalu. Dari tempat itulah KMI Gontor lahir pada tahun 1936 yang lalu, hal ini yang membuat SPL kali ini memfokuskan kegiatan nya disana. Pada hari kedua program ini, tepatnya tanggal 26 Februari 2019, rombongan SPL berkunjung ke Peguruan Thawalib Putra dan Putri, serta perguruan Diniyyah Putri yang telah berdiri sejak tahun 1923 diawali oleh Diniyyah Menengah Putri (DMP) setingkat sekolah menengah pertama dan Kuliyyatul Mu’allimat Al Islamiyyah (KMI) setingkat sekolah menengah atas pada tahun 1933.

Asrama Perguruan Diniyyah Putri

Adapun perguruan Thawalib Putra berdiri tahun 1911 yang sebelumnya bernama Sumatera Thawalib, didirikan oleh Ayah dari Buya Hamka. Sistem pendidikan yang dikelola lembaga ini disebut Kuliyyatul ‘Ulum Al Islamiyyah (KUI) yang saat ini meliputi pendidikan dari tingkat PAUD hingga Madrasah Aliyah (MA). Pada masa lalu, salah satu pendiri Pondok Modern Gontor menjadi santri, bersekolah dan menuntut ilmu agama dan Bahasa Arab pada jenjang Menengah Aliyah dan kemudian melanjutkannya ke Normal School untuk jenjang Akademi atau sekolah tinggi. Pada kunjungan-kunjungan tersebut, peserta SPL bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai pembelajaran Bahasa Arab dan agama Islam sebagai penambah wawasan ilmiah. Selain lembaga tersebut, peserta SPL juga mengunjungi beberapa Pondok Alumni Gontor, diantaranya Pesantren Modern Nurul Ikhlas yang pada awal berdirinya tahun 1989 bernama Diniyyah Putra bertahan hanya selama 3 tahun.

Rombongan juga mengunjungi Pesantren Pramuka Al Hira, satu-satunya pesantren yang menerapkan sistem dan nilai-nilai pramuka dalam pendidikan dan pengajaran nya, sehingga memiliki ciri khas kepramukaan yang berlandaskan nilai keislaman. Pada kunjungan tersebut, peserta SPL mendapatkan sambutan hangat dan di meriahkan dengan berbagai persembahan karya seni dan keterampilan dari para santri dalam kepramukaan, pidato berbahasa Asing serta tarian daerah. [LM]

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru