OSPEK PBA: Setiap Prestasi Sangat Berarti dalam Menyongsong Universitas Unggul

UNIDA Gontor – Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus tingkat program studi atau OSPEK prodi khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab digelar pada hari Jumat, 3 Juni 2022. Bertempat di Hall Gedung Pascasarjana Lantai 3, diadakan kurang lebih 2 jam setelah OSPEK Fakultas Tarbiyah selesai. Acara yang dipanitiai oleh semester 3 ini diikuti oleh seluruh mahasiswi PBA mulai dari semester 1 hingga 7 baik mahasiswi reguler maupun mahasiswi guru. Dihadiri pula oleh jajaran dosen Fungsionaris PBA UNIDA Gontor baik dari kampus Siman, maupun kampus Mantingan.

Dalam hal memotivasi tersebut al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd selaku Kaprodi PBA menegaskan bahwa kita adalah bagian dari Fakultas Tarbiyah yang bukan sekedar menguasai bahasa saja melainkan juga harus menguasai metodologi pengajarannya karena program studi kita adalah Pendidikan Bahasa Arab.

Beliau berpesan bahwa setiap prestasi yang kita raih itu sangat berarti, baik tingkat nasional maupun internasional. Karena kita sedang mengejar akreditasi untuk menjadi universitas berakreditasi unggul pada tahun 2025. Institusi yang unggul diisi oleh sumber daya manusia yang unggul, pengajarnya mumtaz dan mahasiswanya mumtaz pula. Niatkan semuanya untuk ibadah. Kuliah jangan hanya sekedar kuliah, sebagai mahasiswa kita jangan sekedar melakukan rutinitas, tetapi juga harus ilmiah. Banyak-banyak menulis jurnal makalah, KTI, menjadi presenter, pemakalah konferensi, seminar nasional maupun internasional hingga bisa di-publish di Jurnal Scopus, Sinta, dan lain-lain. Lulus dari UNIDA Gontor harus punya bekal, bukan sekedar lulus 3,5 tahun tapi tidak membawa hal yang berarti untuk masa depan.          

Sebagaimana nasehat dari al-Ustadz Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil bahwa apapun prodinya, alumni-alumni UNIDA Gontor adalah alumni-alumni yang berjiwa ustadz dan ustadzah. Dilihat dari sudut pandang PBA maka alumni-alumni UNIDA Gontor adalah alumni ustadz yang berjiwa kyai dan alumni ustadzah yang berjiwa nyai. Diharapkan alumni PBA bisa menjadi penerjemah. Ketika google translate tidak bisa menerjemahkan maka tanyakan alumni PBA. Ingat, kita dicetak untuk menjadi mundzirul qaum. Bagi lulusan pondok maka nilai-nilai baik di pondok harus dilanjutkan dan diteruskan.

Kita tidak berkompetisi dengan prodi-prodi lain. Akan tetapi kita bersinergi, berkompetisi dengan generasi-generasi sebelumnya sehingga harus ada peningkatan. Alhamdulillah PBA menempati top 4 atau 5 dengan jumlah mahasiswa terbanyak di UNIDA Gontor berkat super-team para dosen sehingga mampu menyumbangkan wisudawan/wisudawati 3,5 tahun terbanyak. Pada akhir tutur kata, beliau mengumumkan mahasiswi dengan IPK tertinggi tiap semester beserta mahasiswi dengan prestasi terbanyak diantaranya; Neni Naqiyah dari semester 7 dengan IPK 3,7, Siti Muflihatur Rosyidah dari semester 5 dengan IPK 3,74, dan Hanifah Bujanah dari semester 3 dengan IPK 3,86 serta mahasiwi dengan prestasi terbanyak diraih oleh Dewi Alfi Saniyyah mahasiswi semester 7.

Dalam acara tersebut al-Ustadz Dedi Mulyanto, M.Pd juga turut menyampaikan materi terkait pengenalan kampus dari segi kemahasiswaan. Beliau menjelaskan mengenai agenda-agenda beserta kompetisi atau perlombaan apa saja yang akan dihadapi oleh mahasiswi PBA baik agenda internal maupun eksternal. Beliau turut mengumumkan mahasiswi-mahasiswi yang meraih berbagai prestasi tingkat nasional maupun internasional baik yang diraih di dalam maupun di luar kampus.

Bukan sekedar mahasiswi saja yang berprestasi, beliau juga mengumumkan dosen-dosen yang breprestasi pula diantaranya ustadzah Halimatu As-Sa’diyah, M.Pd yang menjuarai pidato di USIM Malaysia dan Al-Ustadzah Ifa Rodifah Nur, M.Pd yang diamanahi menjadi dewan juri debat Internasional ASEAN.

Pada akhir acara ditutup dengan foto bersama di depan Gedung Pascasarjana. Karena dokumentasi adalah salah satu hal yang sakral dan tidak boleh terlewatkan.


Au. : Nurjanah Pujirahayu (PBA 3)/Rev. : Muhammad Wahyudi, M.Pd

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru