PBA Kembali Bersaing dalam Lomba Essay Even Nasional

UNIDA Gontor – Pandemi menjadi salah satu wabah yang memberikan dampak signifikan dalam keberlangsungan pendidikan salah satunya.  Kegiatan akademik non-akademik secara serentak diberdayakan secara online. Namun, hal ini bukan hanya dapat ditinjau dari dampak negatifnya saja, cobaan yang tengah melanda hampir-hampir seluruh masyarakat dunia justru menekan mahasiswa untuk dapat berdaya saing meskipun dalam keadaan yang sulit.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada 22 Februari-6 Maret 2021 menyebarkan flyer perlombaan kompetisi esai tingkat nasional untuk tetap mengasah kreatifitas dan sumbangsih intelektual maupun aktual mahasiswa dalam menyikapi perubahan keadaan. Secara resmi acara diberdayakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Ilmu Kesehatan, sebagaimana pada pengurusan sebelumnya organisasi ini turut aktif dalam memberdayakan beberapa kegiatan. Menyikapi pandemi, BEM FIKES mengusung tema besar ‘Peran Mahasiswa dalam Menyikapi Perubahan Perilaku’ dalam perlombaan esai tingkat mahasiswa yang dapat dilakukan secara per-orangan ataupun individu.

Dengan mengikuti format kepenulisan sesuai kriteria, dan persyaratan mendasar tiga mahasiswi PBA  turut ikutserta dalam kompetisi bergengsi ini. Ia adalah Khairunnisa Nasution (PBA/4) dan Yulia Dwi  Cahya Ajizi (PBA/4) yang menjadi satu tim, dan Intan Fasya Zahara (PBA/6). Ketiganya  mengungkapkan bahwasanya ketertarikan dalam keikutsertaan perlombaan tak lain karena even tersebut tidak berbayar namun menawarkan penghargaan yang tidak cuma-cuma, selain itung-itung sebagai pengalaman sebagai alasan mendasar. Proses penjurian berlangsung selama 5 hari yang kemudian diumumkan pemenang di akun resmi organisasi tersebut.

Kegiatan secara menyeluruh diberdayakan secara virtual. Tema yang diusung tidak kalah menarik yaitu ‘Peran Mahasiswa dalam Menyikapi Perubahan Perilaku’. Dalam hal ini Khairunnisa  dan Yulia mengusung inovasi ‘Dzikir dalam Menghadapi Degradasi Perubahan Moral Manusia’,  sedangkan Intan Fasya mengusung judul ‘Islamic Treatment as Traumatic Healing During Pandemic COVID-19 Refered to Al  Baqarah 153-157’. Perlombaan turut menyertakan perwakilan-perwakilan dari instansi-instansi lain yang saling berdaya saing meskipun di era pandemi.

Usai pengumuman kemenangan, alhamdulillah PBA UNIDA Gontor kembali menuai prestasi non-akademik di kancah nasional dengan menduduki juara ketiga yang diwakili Intan Fasya Zahara, yang turut mengalahkan dua instansi lain pada posisi harapan 1 dan 2 yakni Universitas Tribhuwana Tunggaldewi Malang dan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Juara pertama dan kedua diraih oleh perwakilan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dengan itu, hendaknya kita selalu mengasah kemampuan, jangan takut mencoba, dan terus melatih diri. Kesempatan itu ada karena dicari bukan hanya berdiam diri. Banyak sekali kita dapatkan info perlombaan, pengetahuan, beasiswa dari sosial media yang digunakan sehingga adanya keterbatasan maupun kemudahan hendaknya dimanfaatkan sedemikian rupa,  ungkap Intan akhirul kalam.

Dalam perlombaan menang-kalah itu biasa, yang penting apakah kita masih mau tetap berlatih dan bersaing setelah mendapat kemenangan pun setelah mengalami kegagalan. ‘Perbanyak jam terbang! Karena dengan itu kita akan mendapat relasi  dan insight baru. Sebagaimana burung jika terkurung dalam sangkar tidak akan mengetahui luasnya cakrawala, pun kita!’. Menjadi mahasantri, jangan berkecil hati karena beberapa keterbatasan! Kita juga dapat bersaing dengan  teman-teman dari ragam instansi. Karena setiap kita memang memiliki potensi.

“Perbanyak jam terbang! Karena dengan itu kita akan mendapat relasi dan insight baru. Sebagaimana burung jika terkurung dalam sangkar tidak akan mengetahui luasnya cakrawala, pun kita!”

Anonim

[Au: Khairunnisa Nasution (PBA 4), Intan Fasya (PBA 6)/Ed. Riza N]

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Contoh Dokumen Esai

Berikut adalah dokumen esai salah satu mahasiswi PBA yang berhasil

Berita Terbaru