PBA UNIDA Gontor Turut Aktif dalam Penyusunan Web Korpus Arab Indonesia “MIDAD IMLA”

UNIDA Gontor – Indonesia bukan penutur bahasa Arab, tetapi bahasa Arab tetap berkembang terutama di pondok pesantren dan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan. Bahasa Arab yang berkembang di Indonesia memiliki karakter tersendiri dan memiliki corak khas dibandingkan bahasa Arab yang berkembang di dunia Arab. Namun hal tersebut luput dari perhatian para peneliti akademik bahasa Arab. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, maka diadakanlah pengembangan korpus linguistik Arab di Indonesia.

Adapun acara tersebut telah memasuki tahun ke-3, sejak didirikannya korpus linguistik Arab di Yogyakarta tahun 2017 lalu. Tujuan dari program tersebut adalah pengembangan kemajuan dalam bentuk teknologi seperti sekarang agar linguistik Arab semakin menjadi lebih modern. Korpus linguistik Arab adalah kelompok kerja yang berasal dibawah naungan Persatuan Pengajar Bahasa Arab Indonesia (Ittihadul Mudaris li-Lughatil Arabiyah atau IMLA).

Acara korpus linguistik Arab kali ini membahas tentang tindak lanjutan web yang telah didesain oleh Tim teknis berdasarkan rekomendasi Lokakarya 3 Penyusunan Korpus Bahasa Arab di Inodonesia di Pondok Modern Darunnajah Jakarta setahun lalu. Peserta yang mengikuti lokarya ke-3 kali ini diikuti oleh UNIDA Gontor, Universitas Al-Azhar Indonesia, UNS Surakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim, UM, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan PM Tazakka. Terkait tempat acara tersebut kali ini diadakan di Pondok Modern Tazakka Batang dari 29-31 Maret 2019.

Yang menarik dari Lokakarya 4 pada tahun ini adalah penyusunan konsep yang telah diformulasikan dari Lokakarya 1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2017, Lokakarya 2 di UNIDA Gontor tahun 2018, dan Lokakarya 3 di PM Darunnajah Jakarta direalisasikan dalam bentuk prototype website korpus bahasa Arab yang diberi nama “MIDAD IMLA”. Situs laman tersebut mampu menampilkan data korpus berupa word list, aplikasi pengunggah data korpus, profil Kontributor data korpus, dan klasifikasi data korpus berdasarkan bentuk media, genre, dan disiplin ilmu.

Ketua Pelaksana Penyusunan Data Korpus Linguistik Indonesia, Nur Hizbullah, M.Hum merencanakan dalam lokakarya yang akan datang website MIDAD IMLA disempurnakan sehingga bisa menampilkan kian banyak fitur-fitur penting bagi para peneliti korpus lingusitik Arab, seperti word frequency, concordance, parallel data mining, dan lain-lain.   

“Dukungan Markazul Buhuts di Riyadh Saudi Arabia sangat signifikan, sehingga kami Tim 8 dari IMLA mesti mengimbanginya dgn upaya maksimal realisasi mesin pengolah data korpus bhs Arab online yg bisa digunakan anggota IMLA se-Indonesia dan kalangan publik luas, terutama periset korpus Arab di Indonesia,” jelas Hizbullah. Jum’at, (29/03).

Karena ini merupakan bagian acara penting untuk akademik dan akan berkelanjutan, maka PBA UNIDA Gontor menghadiri tersebut dari awal hingga akhir acara. Keterlibatan PBA UNIDA Gontor dalam acara tersebut yakni menjadikan bahasa Arab menjadi bahasa modern menyesuaikan teknologi zaman. Diantaranya dengan membantu pengembangan website MIDAD IMLA yang didesain dengan konsep penggabungan website korpus yg telah lebih ada dengan korpus Universitas King Saud. Sehingga harapan yang akan tercapai dengan hadirnya website tersebut adalah korpus linguistik Arab di Indonesia dapat berkontribusi bagi pengembangan bahasa Arab di Indonesia. (Tonny Ilham)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Adab Menjamu Tamu

Menjamu tamu merupakan menjamu (memberi penghormatan) yang layak diterima seorang

Berita Terbaru