PBA UNIDA Gontor Perluas Pengetahuan dan Wawasan melalui Studi Pengayaan Lapangan di berbagai Kampus & Pondok Pesantren

UNIDA Gontor – Sebagai bagian dari institusi pendidikan di Universitas Darussalam Gontor, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab berperan penting dalam mendidik para mahasiswanya agar berkompeten dalam menjalankan amanatnya ketika sudah terjun di masyarakat nntinya.

Tidak hanya melalui kegiatan akademik, mahasiswa juga dibekali dengan kegiatan penunjang akademik, salah satunya adalah Studi Pengayaan Lapangan atau biasa disebut dengan SPL. Kegiatan ini merupakan sebuah studi kependidikan di berbagai sekolah, perguruan tinggi ataupun pondok pesantren dalam negri maupun luar negri.

Pada tahun 2019 ini, mahasiswa PBA UNIDA Gontor semester 4 melakukan SPL keberbagai tempat yang ditemani dengan Musyrif Pembimbing yaitu Ust. Yoke Suryadarma, M.Pd.I dan Ust. Aufa Alifian Musthafa,M.A selaku dosen PBA UNIDA Gontor. Pada 2 hari pertama yaitu pada tanggal 9/12/19 tujuannya adalah Kota Bandung yaitu kunjungan di PBA UIN Sunan Gunung Djati dan PBA Universitas Pendidikan Indonesia, dan kunjungan di Pon-Pes Darut Tauhid Bandung. Di hari kedua malamnya berkunjung ke Pon-Pes Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong Tasikmalaya. Di hari ketiga kunjungan dilanjutkan ke PBA Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo, dan di hari terakhir dilanjutkan dengan bersilaturahmi bersama pimpinan pondok pesantren Baitussalam Yogyakarta KH. Abdul Hakim.

Program Studi Pengayaan Lapangan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang merupakan bentuk pengenalan mahasiswa kepada seluruh lembaga pendidikan yang menjadi objek kajian oleh mahasiswa secara menyeluruh. Seperti pesan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah Al-Ustadz Dr. Ikhwani Mahmud bahwa SPL adalah wadah mahasiswa dalam meneliti, menelaah serta mendapatkan pelajaran dan pengalaman dari lembaga yang akan dikunjungi nanti.

-Akmal Nauval-

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Adab Menjamu Tamu

Menjamu tamu merupakan menjamu (memberi penghormatan) yang layak diterima seorang

Berita Terbaru