PBA UNIDA Gontor Resmi Buka Perlombaan Arabic Language Competition (ALCOM) 2020

Jum’at, 22 Oktober 2020, berlangsung di Laboratorium Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri, Prodi Pendidikan Bahasa Arab resmi membuka acara perlombaan lokal ALCOM 2020 (Arabic Language Competition) setelah menyebarkana info lomba dalam beberapa papan pengumuman. Acara dimulai dengan technical meeting mengenai acara inti. Perkumpulan dihadiri oleh pembimbing, seluruh mahasiswi PBA, segenap ketua Prodi, peserta acara, dan kedua mahasiswi IZU (Istanbul Sabahatain Zaim University) yang tengah melakukan program pertukaran pelajar selama 4 bulan di  UNIDA Gontor Kampus Putri. Tema ALCOM 2020 yang diusung dalam perlombaan ini ialah ‘Optimalisasi geliat dakwah Bahasa Arab di kalangan mahasantri’.

Acara dibuka dengan beberapa rentetan acara seperti biasanya yakni pembacaan ayat suci al-Qur’an dan  sambutan pembimbing. Acara juga dihadiri oleh dosen pembimbing PBA, al-Ustadzah Siti Ni’matur Rohmah, M.Pd,I selaku perwakilan segenap dosen. Kalimat sambutan disampaikan oleh al-Ustadz Andi Triawan, M.Pd yang mengatakan dalam khitoob-nya bahwa beliau mengapresiasi dengan penuh akan wujud perlombaan yang diadadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Selanjutnya, beliau berharap bahwa acara ini nantinya mampu berlanjut menuju tingkat nasional.

Perlombaan dengan mewajibkan setiap peserta berbicara bahasa Arab tentu memberikan pengaruh positif bagi mahasiswi. Selain menumbuhkan cinta bahasa Arab, meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswi mengingat bahasa Arab menjadi bahasa wajib dalam keseharian dan lingkup civitas akademika namun, mulai dkesampingkan. Dengan wujud perlombaan ini, maka akan memacu setiap individu dan program studi untuk menggali kembali kemampuan berbahasa Arab yang kurang terasah. Adapun cabang-cabang lomba yang ada dalam perlombaan ini ialah : Debat Bahasa Arab, Food Review, Essay Arab, Iklan Live, Puisi, Ghina Arabi, Orasi, Qulbi Lughoh, Tasyjiu Lughoh serta Qiro’atu Akhbar.

Usai pembacaan ToR perlombaan oleh setiap penanggungjawab perlombaan, maka setiap peserta maupun ketua prodi dihimbau untuk pengambilan undian kocokan. Perlombaan dimulai pada hari Sabtu, 23 Februari 2020 dan berakhir pada Rabu, 26 Februari 2020 selaku puncak acara dengan penutupan dan pembagian hadiah. Dalam hal ini, hendaknya setiap dari kita menyadari bahwa setiap orang yang tengah memperjuangkan bahasa Arab maka ia tengah memperjuangkan agamanya. Kedepannya, panitia internal khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Arab mampu menumbuhkan semangat mengkaji bahasa Arab dengan cara yang  tidak saklet. wallahu a’lam bi showab.

Penulis: Intan Fasya Zahra, Aathina dan Nur An Nisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Seminar Terjemah

Contact us, for more informationRahmad Maulana Tazali or Zainal Abidin

Berita Terbaru

Adab Menjamu Tamu

Menjamu tamu merupakan menjamu (memberi penghormatan) yang layak diterima seorang