Pembukaan PBA Cup 2021: HMP PBA Inovasikan Perlombaan Kekeluargaan

Pengasahan Soft-Hard Skill sebagai Target Utama Acara

(Jum’at, 10 September 2021) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor secara resmi telah melaksanakan pembukaan PBA CUP 2021 dengan sambutan pembuka oleh Al Ustadz Dedi Mulyanto, M.Pd selaku kepala bagian kemahasiswaan sekaligus pembimbing utama panitia PBA CUP 2021. Beliau menegaskan ‘Nantinya akan diadakan Tarbiyah CUP sebagai ajang untuk terus meningkatkan potensi mahasiswa’. Kegiatan ini merupakan rentetan acara yang diselenggarakan oleh HMP PBA yangmana beranggotakan mahasiswa semester 3 dan beberapa mahasiswa semester 1 dibawah bimbingan para dosen. Tajuk utama kegiatan tersebut tak lain untuk meningkatkan serta mengasah soft skill maupun hard skill mahasiswa PBA UNIDA Gontor.

HMP PBA 2021 hadir dengan Inovasi Berbeda

Acara yang dilaksanakan di lapangan futsal utama UNIDA Gontor ini, akan berlangsung selama satu pekan. Dimulai dari Jum’at 10 September 2021-Jum’at 17 September 2021 dengan kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya yang notabene dengan perlombaan yang bersifat keolahragaan seperti futsal dan bulu tangkis. Hadir dengan inovasi berbeda, HMP PBA 2021 membuat sebuah perubahan dan gebrakan baru dimana perlombaan tidak terfokus pada ranah olah raga saja. Melainkan, memperhatikan miliu UNIDA Gontor yang senantiasa dijunjungtinggikan yakni olah fikir, olah dzikir, olah rasa, dan olah raga.
Dalam olah raga, panitia manambahkan beberapa perlombaan seperti cabang olahraga sepak bola dan volli. Dalam olah fikir terdapat lomba cerdas cermat. Sementara dalam olah rasa terdapat lomba puisi berbahasa Arab, da’i bahasa Arab dan lomba poster. Tidak kalah penting, aspek spiritual yakni olah dzikir dengan lomba hifdzul Qur’an dan adzan. Dalam acara ini juga disediakan refling bagi yang menghajatkan dimana bertempat di tower belakang Gedung Terpadu dengan ketinggian setara bangunan tersebut.

Kegiatan Melibatkan Seluruh Civitas Akademika PBA UNIDA Gontor

Rundown perlombaan secara khusus akan berlangsung dalam 3 waktu yakni pagi dari pukul 06.00-07.00 WIB, sore dari pukul 15.00-17.00 WIB dan malam dari pukul 20.00-21.00 WIB. Kegiatan yang melibatkan seluruh civitas akademika Prodi PBA ini disambut dengan antusias dan menarik. Dalam ajang ini, perlombaan diberdayakan antar semester untuk menumbuhkan ruuhu tanaafus (jiwa berkompetisi) yang lebih menantang. Sehingga pembagian kelompok dibagi menjadi 4 yakni kelompok pertama seluruh mahasiswa semester 1, kelompok kedua seluruh mahasiswa semester 3, kelompok ketiga seluruh mahasiswa semester 5, dan kelompok terakhir seluruh mahasiswa semester 7, 9 dan 11. Ajang perlombaan kekeluargaan yang dibuka dengan senam dan seremonial secara simbolis oleh DP kemahasiswaan PBA ini, diharapkan dapat menjadikan mahasiswa PBA aktif dan mampu menyalurkan bakat, minat serta menumbuhkan potensi yang ada pada mahasiswa PBA UNIDA Gontor. Dalam pembukaan PBA CUP ini, al-Ustadz Dedi Mulyanto turut mengingatkan esensi yang lebih penting dari perlombaan itu sendiri “المسابقة لتهذيب النفوس لا لجمع الكؤوس” (perlombaan itu untuk memperbaiki diri bukan hanya ajang mencari piala).
Au: Fadhilah Akbar Adyana Tsani/ PBA3, ed:Intan Fasya/PBA 7, rev: Riza Nurlaila
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google
Share on email
Share on print

Berita Terbaru